Sido Muncul Kunyit Asam, Bebas Nyeri Haid, Badan Kembali Fit!

Apakah Sahabat pernah merasakan nyeri haid? Duh, kalau sudah ingat nyeri hebat kala itu saya jadi was was setiap memasuki jadwal haid. Ada rasa trauma. Bulan ini nyerinya akan seperti itu lagi, nggak, sih?

Nyeri haid yang dalam istilah medis disebut dismenore menggambarkan keluhan kram yang menyakitkan dan umumnya muncul saat seorang wanita sedang berada dalam siklus bulannya.

Dismenore, Nyeri Saat Haid Tiba

bebas nyeri haid


Dismenore ini terbagi dua kategori, yakni dismenore sekunder dan primer.

Dismenore Primer

Seorang wanita yang mengalami dismenore primer memiliki kontraksi rahim yang tidak normal disebabkan ketidakseimbangan kimia prostaglandin di dalam tubuh. padahal , zat kimia prostaglandin ini berfungsi mengontrol kontraksi rahim. Dalam kondisi keseimbangan yang terganggu, tentu saja rasa nyeri akan lebih meningkat.

Dismenore Sekunder

Lainnya, dismenore sekunder disebabkan oleh kondisi medis lain, salah satunya endometriosis. Kondisi ini terjadi karena jaringan endometrium tertanam di luar rahim. Pada wanita yang mengalami endometriosis akan terjadi perdarahan internal, infeksi, dan nyeri panggul. Ini juga menimbulkan rasa nyeri.

Rekomendasi Minuman Pereda Nyeri Haid

Rasa nyeri haid ini bisa jadi tidak tertahankan pada sebagian wanita. Memang manusia memiliki batas ambang nyeri yang berbeda-beda. Untuk meredakan nyeri haid ini, seorang wanita memerlukan terapi, misalnya minuman pereda nyeri haid.

Berikut rekomendasi minuman pereda nyeri haid.

1. Air Hangat dengan Lemon

Air hangat dapat meredakan kram otot dan kandungan vitamin C pada lemon dapat membantu meningkatkan sistem imun dan meredakan peradangan.

Menurut dr. Jati Satriyo di web Alodokter, lemon kaya akan vitamin C, mengandung bioflavonoid yang menjadi salah satu bentuk antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

Sampai saat ini belum ada penelitian medis yang menyebutkan bahwa buah lemon tidak boleh dikonsumsi saat seorang wanita sedang menstruasi. Akan tetapi Sahabat yang mengalami gangguan pada lambung juga perlu berhati-hati jika mengonsumsi buah ini dikarenakan lemon dapat memicu timbulnya keluhan lain.

2. Teh Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan sehingga dapat membantu meredakan kram menstruasi dan mengurangi mual.

Meski demikian masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait penggunaan jahe untuk meredakan nyeri haid. Namun ini tidak menutup kemungkinan jahe tidak layak untuk dicoba.

Jahe bisa diolah menjadi minuman atau teh yang dicampur dengan irisan atau bubuk jahe yang bisa dikonsumsi saat perut terasa sakit atau saat tubuh mulai terasa tidak nyaman selama haid.

Namun perlu diketahui, meskipun jahe memiliki manfaat untuk mengatasi nyeri haid, tetapi penggunaan jahe sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Konsumsi jahe secara berlebihan untuk mengatasi nyeri haid ternyata malah bisa memicu berbagai efek samping, lo.

3. Teh Peppermint

Senyawa aktif dalam daun peppermint memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu mengurangi nyeri dan kram perut sehingga menimbulkan efek relaksasi peppermint pada otot.

Beberapa penelitian menunjukkan keefektifan menthol berkhasiat meredakan nyeri haid. Ekstrak peppermint ini dapat membantu meredakan nyeri haid dan kram. Oleh sebab itu tidak ada salahnya untuk meminum teh peppermint dalam upaya mengurangi nyeri haid.

4. Jus Buah Bit

Kandungan zat besi dan magnesium dalam buah yang mengandung mengandung kalsium, zat besi, tiamin, riboflavin, vitamin B6, dan selenium ini dapat membantu meredakan nyeri haid, memperlancar sirkulasi darah dan mengurangi rasa lelah saat menstruasi.

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari Klikdokter, hingga saat ini belum ada penelitian skala besar yang mencari hubungan langsung antara buah bit dengan gangguan menstruasi.Namun bukan berarti buah bit itu sama sekali tidak ada manfaatnya bila dikonsumsi saat haid.

Mengkonsumsi buah bit saat wanita datang bulan bisa mencegah anemia. Tanda-tanda anemia yang paling jelas terlihat adalah badan menjadi sangat lemas. Buah bit bisa membantu tubuh sehingga lebih bugar.

5. Teh Chamomile

Efek chamomile dapat berfungsi sebagai penenang alami dan pereda nyeri karena dapat mengurangi ketegangan otot dan mengatasi insomnia terkait nyeri haid.

Dikutip dari penelitian dalam Journal of Pharmacopuncture, chamomile memiliki sifat antiinflamasi (antiradang) dan antispasmodik (membantu relaksasi otot polos), sehingga dapat membantu mengurangi nyeri perut yang muncul.

6. Susu Kunyit

Kandungan kurkumin dalam kunyit sebagai antiinflamasi alami sehingga bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan mood.

Kandungan kurkumin dalam kunyit juga dapat menghambat produksi hormon prostaglandin yang menyebabkan peradangan dan nyeri haid.

7. Air Kelapa

Manfaat hidrasi optimal dan elektrolit pada air kelapa dapat membantu mengurangi kelelahan dan memperbaiki keseimbangan elektrolit saat menstruasi.

Menurut penelitian Journal of Current Trends in Clinical Medicine & Laboratory Biochemistry tahun 2014, air kelapa mengandung campuran kompleks vitamin, mineral, asam amino, karbohidrat, antioksidan, enzim, hormon pertumbuhan yang meningkatkan kesehatan.

Berdasarkan komposisi tersebut, air kelapa penting diminum saat menstruasi. Meskipun air kelapa tidak sepenuhnya bisa mengatasi semua masalah terkait menstruasi, terutama nyeri haid, tidak ada salahnya untuk tetap mengkonsumsi air kelapa saat haid, ya!

Sido Muncul Kunyit Asam, Sahabat Wanita Bebas Nyeri Haid

Jika Anda mengalami gangguan nyeri haid, diperlukan minuman pereda nyeri haid. Jika dibutuhkan, Sahabat bisa minum Sido Muncul Kunyit Asam.

sido muncul kunyit asam

Sido Muncul Kunyit Asam merupakan minuman agar cepat datang bulan yang terbuat dari 100% ekstrak kunyit dan gula jawa.

Sido Muncul Kunyit Asam menggunakan resep tradisional dan diolah menggunakan bahan segar dan berkualitas serta menggunakan teknologi yang modern.

Sido Muncul Kunyit adalah kunyit asam yang segar, praktis, dan berkhasiat melancarkan haid yang juga memiliki khasiat ekstra membantu proses diet serta menyegarkan tubuh.

Sido Muncul Kunyit Asam bisa Sahabat temukan di Sido Muncul Store. Yuk, pastikan bebas nyeri haid dan dengan konsumsi obat pelancar haid alami yang bisa diminum kapan saja. (*)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url