Jenis Asuransi Murni Syariah Tanpa Manfaat Investasi yang Bisa Dipilih

Asuransi yang menggunakan prinsip syariah dapat menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan pengelolaan yang dilakukan dengan terbuka atau transparan.

Pengelolaan yang transparan akan bisa menjamin bahwa dana yang diberikan dalam pembayaran kontribusi sudah dikelola dengan baik dan sesuai dengan ketentuan agama, yaitu tidak dimasukkan ke dalam kegiatan keuangan yang terlarang dan tidak diperbolehkan menurut ajaran Islam. 

Asuransi syariah yang tersedia mempunyai pilihan yaitu asuransi murni syariah dan asuransi unit link yang memberikan manfaat investasi. Asuransi murni yang tidak ada keuntungan investasi yang didapatkan mempunyai beberapa jenis yang bisa dipilih, yaitu jenis berikut ini:

Asuransi Jiwa Berjangka dengan Sistem Syariah

Asuransi Jiwa Berjangka dengan Sistem Syariah

Asuransi jiwa syariah non investasi pertama yang bisa dipilih adalah produk term life atau asuransi jiwa syariah berjangka. Asuransi jenis ini juga mempunyai produk yang sama seperti pada produk asuransi jiwa konvensional yang mempunyai keuntungan dengan jangka waktu perlindungan yang fleksibel bisa dipilih sendiri dan lebih pendek. 

Asuransi jiwa berjangka bisa diandalkan untuk menjaga keluarga karena mendapatkan uang pertanggungan apabila kehilangan pencari nafkah karena meninggal dunia.

Beberapa ketentuan asuransi murni syariah berjangka adalah sebagai berikut ini:

Asuransi jiwa berjangka mempunyai pengelolaan dana sesuai dengan syariah yaitu yang bebas riba dan juga ketentuan lainnya yang membuat Anda bisa tenang.

Asuransi jiwa berjangka mempunyai proteksi yang diberikan dengan periode yang tidak lama dan bisa dipilih sendiri yaitu mulai dari 1 tahun, 5 tahun, dan juga pilihan lainnya. Pilihan masa perlindungan tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kesanggupan finansial yang dipunyai oleh calon tertanggung.

Asuransi jiwa berjangka mempunyai keunggulan dengan biaya kontribusinya yang lebih murah karena mempunyai perlindungan yang tidak panjang, sehingga resiko yang dipunyai oleh tertanggung juga tidak tinggi.

Asuransi jiwa berjangka tetap memberikan perlindungan dengan santunan yang tinggi, seperti dari produk Flexi Life Syariah yang bisa didapatkan di I Love Life Astra dengan santunan mencapai 2 miliar.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup dengan Prinsip Syariah 
Asuransi Jiwa Seumur Hidup dengan Prinsip Syariah

Jenis selanjutnya yang bisa dipilih untuk produk asuransi jiwa non investasi adalah yang memberikan perlindungan seumur hidup atau whole life. 

Walaupun mempunyai perlindungan yang panjang dan biasanya akan bisa digunakan untuk mempersiapkan rencana keuangan di masa depan, asuransi jiwa syariah seumur hidup termasuk jenis asuransi murni karena tidak mempunyai manfaat investasi.

Beberapa ketentuan yang dipunyai asuransi jiwa seumur hidup syariah yang perlu diperhatikan meliputi:

Asuransi whole life mempunyai proteksi yang dikelola secara syariat sehingga bisa lebih tenang karena tidak mengandung riba dan hal yang tidak diperbolehkan oleh agama lainnya.

Asuransi whole life tidak ada premi hangus, sehingga apabila tertanggung masih hidup di akhir polis akan mendapatkan 100% uang santunan apabila tidak ada klaim yang diajukan.

Asuransi whole life mempunyai ketentuan pembayaran dan besar kontribusi yang bisa disesuaikan dengan kemampuan, sehingga memudahkan untuk mendapatkan besaran kontribusi yang tidak membebani keuangan.

Asuransi Jiwa Dwiguna dengan Ketentuan Syariah

Jenis asuransi jiwa syariah dwiguna juga bisa menjadi pilihan untuk produk asuransi murni yang dipilih karena tidak mempunyai keuntungan investasi yang didapatkan. 

Asuransi ini selain mempunyai manfaat meninggal dunia ternyata juga bisa digunakan sebagai tabungan berjangka. Anda bisa memilih asuransi jiwa syariah dwiguna yang bisa memberikan perlindungan ketika tertanggung tutup usia, tetapi juga mendapatkan uang manfaat apabila tertanggung masih hidup di akhir periode asuransi. 

Hal tersebut didapatkan berkat manfaat asuransi jiwa syariah dwiguna yang dapat digunakan untuk pemberian santunan UP ketika meninggal dunia dan tabungan.

Tiga jenis asuransi murni syariah mempunyai kesamaan yaitu tidak mendapatkan manfaat investasi. 

Dana kontribusi yang dibayarkan tidak dialirkan untuk instrumen investasi, tetapi disesuaikan dengan manfaat perlindungan dari asuransi yang dipilih yaitu untuk perlindungan maupun tabungan jangka panjang. 

Anda bisa memilih asuransi murni yang tersedia secara online yaitu di I Love Life Astra dengan pilihan produk asuransi jiwa berjangka Flexi Life Syariah dengan banyak keunggulan yang dimilikinya. (*)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url