10 Tip Solo Traveling ke Hong Kong

Memutuskan untuk liburan sebagai solo traveler memang terdengar sedikit menantang, tapi itu bukan berarti pengalamannya tak akan seru.

Bayangkan saja, berkeliling di sebuah kota yang dinamis seperti Hong Kong, di mana kamu bisa menikmati beragam wisata— mulai dari jelajah kuliner yang tiada habisnya hingga berburu barang-barang unik di pusat perbelanjaannya.

Ditambah lagi, dengan harga tiket Jakarta Hong Kong yang cukup terjangkau, semakin banyak wisatawan Indonesia yang memilih untuk menjelajahi Hong Kong sebagai solo traveler.

Solo Traveling ke Hong Kong, Nggak Perlu Pakai Ribet!

tip traveling ke hong kong

Agar liburanmu ke Hong Kong menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan penuh dengan momen menyenangkan, simak beberapa tips berikut ini.

1. Manfaatkan Sistem Transportasi Umum

Kalau kamu mau menjelajah Hong Kong, sistem transportasi umum adalah sahabat baik buat solo traveler. Dengan Mass Transit Railway (MTR) sebagai tulang punggungnya, kamu bisa dengan mudah menjangkau berbagai sudut kota hingga bandara.

Tidak hanya untuk naik MTR, ada juga Octopus Card yang multifungsi. Kamu bisa pakai untuk naik bus, tram, bahkan feri, dan bisa dipakai juga untuk belanja di beberapa tempat.

Jangan lupa coba eksplorasi dengan bus atau minibus untuk merasakan sisi lokal Hong Kong yang mungkin tidak kamu temui lewat jalur MTR.

2. Jalan Kaki

Berjalan kaki di Hong Kong adalah hal yang menyenangkan. Kota ini sangat mendukung untuk pejalan kaki dengan banyaknya jalan setapak, taman, dan area khusus pejalan kaki.

Daerah seperti Central, Wan Chai, dan Tsim Sha Tsui penuh dengan tempat-tempat menarik yang patut untuk dijelajahi.

Jangan sampai kelewatan juga untuk mencoba beberapa jalur hiking yang menawarkan pemandangan kota dan alam yang spektakuler. Ini bisa jadi kesempatanmu untuk istirahat sejenak dari kesibukan kota.

3. Pilih Akomodasi yang Tepat

Pemilihan tempat tinggal bisa mempengaruhi pengalamanmu selama di Hong Kong. Untuk kamu yang punya budget terbatas, tentu hostel atau guesthouse bisa jadi pilihan. Banyak akomodasi yang letaknya strategis dekat dengan akses transportasi umum.

Kalau kamu mencari pengalaman yang lebih personal, hotel boutique menawarkan layanan yang lebih eksklusif dengan dekorasi yang khas. Jika kamu ingin yang lebih privat dengan harga terjangkau, hotel kapsul bisa jadi jawabannya.

Jangan lupa gunakan aplikasi atau situs booking online untuk mendapatkan penawaran terbaik. Namun, kalau kamu mau cari harga tiket Jakarta Hong Kong, sebaiknya pilih Singapore Airlines karena punya lebih banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, lho!

4. Kunjungi Pasar Malam dan Bazaar

Pasar malam dan bazaar di Hong Kong itu seperti jendela untuk melihat kehidupan lokal. Ladies' Market dan Temple Street Night Market misalnya, kamu bisa menemukan segala macam barang mulai dari pakaian hingga gadget dengan harga miring.

Ini juga kesempatan buat kamu mencicipi street food lokal yang menggugah selera dan mampu memanjakan lidahmu.

Untuk pengalaman yang lebih autentik lagi, jangan lewatkan Cat Street dan Hollywood Road di mana kamu bisa menemukan barang antik dan karya seni.

5. Dekati Budaya Lokal

Menyelami budaya lokal itu esensial dalam setiap perjalanan. Mengunjungi Big Buddha di Pulau Lantau, misalnya, bukan hanya memberimu pengalaman spiritual tapi juga pemandangan yang memukau.

Tak jauh dari tempat ini, ada Po Lin Monastery yang menawarkan ketenangan dan kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang Budhisme.

Untuk pengalaman yang lebih interaktif, ikut kelas masakan cantonese atau workshop kerajinan tradisional bisa jadi pilihan yang menarik. Dijamin kamu akan merasa menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari warga lokal.

6. Packing Cerdas

Dalam solo traveling, packing yang cermat itu penting banget. Pastikan untuk selalu membawa dokumen penting seperti paspor yang masih berlaku. Jangan lupa untuk membawa adapter universal karena colokan di Hong Kong mungkin berbeda dari yang kamu pakai di rumah.

Selain itu, bawa P3K yang berisi obat-obatan esensial dan alat sanitasi seperti hand sanitizer dan masker agar kamu tetap sehat selama mengeksplor kota tersebut.

Terakhir, sesuaikan pakaian dengan musim di Hong Kong, karena cuacanya bisa panas dan lembab, atau bahkan sejuk di waktu yang berbeda.

7. Belajar Sedikit Bahasa Lokal

Walaupun banyak orang di Hong Kong berbicara Bahasa Inggris, belajar sedikit Bahasa Kanton bisa menambah pengalaman dan menunjukkan rasa hormatmu ke budaya lokal.

Mulai dari ucapan sederhana seperti 'hello,' 'thank you,' sampai 'please,' bisa membuat interaksi sehari-harimu lebih menarik.

Plus, bawa smartphone atau gadget dengan aplikasi terjemah bisa jadi penolong di kala kamu butuh bantuan komunikasi.

8. Siapkan Diri dengan Aplikasi Bermanfaat

Di zaman yang serba digital ini, smartphone bisa jadi alat penting buat solo traveler. Aplikasi seperti OpenRice dapat membantu kamu menemukan tempat makan enak berdasarkan ulasan pengguna.

Sementara itu, download juga aplikasi MTR Mobile untuk memudahkan perjalananmu dengan info jadwal kereta dan rute transportasi umum. Untuk eksplorasi lebih jauh, Google Maps adalah teman setia untuk navigasi.

Dan jangan lewatkan aplikasi Kris+ App untuk mendapatkan promo produk lokal di Hong Kong seperti Arca, Comvita dan Monopoly Dreams. Unduh aplikasi Kris+ dan nikmati promo-promonya untuk melengkapi perjalanan solo kamu di Hong Kong.

9. Prioritaskan Keamanan

Hong Kong terkenal aman untuk solo traveler, tapi kamu perlu menjaga keamanan diri. Tas anti-maling dengan fitur keamanan tambahan adalah investasi yang bagus.

Kunci pengaman untuk tas dan koper juga bisa menambah keamanan saat kamu berada di tempat baru. Yang penting, selalu stay alert dan jaga barang bawaan, ya!

10. Nikmati Setiap Momen

Yang terakhir dan paling penting, nikmati setiap detik petualanganmu di Hong Kong. Jangan ragu untuk terbuka pada pengalaman baru, berinteraksi dengan penduduk lokal atau sesama traveler.

Cobalah hal-hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Catat dan dokumentasikan momen-momen spesialmu, entah itu lewat foto, jurnal, atau video.

Jalan-jalan di Hong Kong bukan cuma tentang tempat yang kamu kunjungi, tapi tentang cerita dan pengalaman yang kamu bawa pulang.

Sudah Siap Liburan ke Hong Kong?

Itulah beberapa tips liburan yang wajib kamu ketahui sebagai solo traveler. Dengan banyaknya tempat yang bisa di kunjungi di Hong Kong, pastikan kamu menikmatinya dari detik keberangkatan hingga kepulangan ke tanah air.

Jika kamu masih belum yakin dengan maskapai mana yang akan kamu pilih untuk terbang ke Hong Kong, pertimbangkan Singapore Airlines untuk perjalanan berikutnya. Maskapai ini menawarkan berbagai fasilitas mulai dari berbagai hiburan dalam pesawat seperti musik dan acara TV, berbagai pilihan makanan, serta makanan khusus untuk kebutuhan diet yang berbeda.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati Wi-Fi gratis di hampir semua penerbangan Singapore Airlines. Untuk menikmati akses gratis ini, cukup daftar sebagai anggota KrisFlyer secara gratis! Sebagai anggota KrisFlyer, kamu bisa mendapatkan dan menukarkan miles tidak hanya saat terbang, tetapi juga saat kamu melakukan semua yang kamu sukai seperti bersantap, berbelanja, menjelajahi pengalaman baru, dan masih banyak lagi.

Mulailah perjalanan kamu ke Hong Kong bersama Singapore Airlines dan mulailah perjalanan solo kamu yang tak terlupakan. Cek harga tiket Jakarta Hong Kong Singapore Airlines sekarang! (*)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url