Jangan Kunci Potensi Diri, Bersinarlah!

Setiap manusia dianugerahi potensi. Seperti yang tertera pada KBBI, potensi merupakan kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan; kekuatan; kesanggupan; daya. Apakah potensi yang sahabat miliki?

Pada kesempatan kali ini kita akan mengenal tentang apa itu kecerdasan majemuk dan apa hubungannya dengan potensi.

Beberapa waktu yang lalu saya membaca serial buku tentang kecerdasan majemuk. Ada serial buku anak karya penulis senior terkait hal ini. Saya pun segera mencari tahu apa yang menjadi dasar penulisan buku. Kecerdasan majemuk, dua kata yang belum begitu familiar.

Ternyata, kecerdasan majemuk adalah konsep penilaian kecerdasan seseorang dengan melihat pada beberapa tolok ukur kemampuan .

Potensi Diri Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk

Pada awalnya, teori kecerdasan majemuk memandang bahwa pada dasarnya manusia memiliki banyak kecerdasan.

1. Potensi Kecerdasan Linguistik (Kebahasaan)

Apakah sahabat memiliki seorang teman senang berbicara dan menulis dengan baik? Nah, orang dengan kecerdasan linguistik cenderung memiliki kemampuan berbicara atau menulis yang baik. Orang tersebut juga memiliki perbendaharaan kosa kata yang banyak.

2. Potensi Kecerdasan Matematis-Logis

Apabila sobat memiliki rekan yang siap berperan layaknya detektif, itu beruntung karena ini ada hubungannya dengan kecerdasan yang menghasilkan kemampuan analitis dan pemecahan masalah yang sulit, bereksperimen, memprediksi, menyelesaikan persoalan matematika rumit, serta menguraikan pola atau permasalahan yang kompleks

3. Potensi Kecerdasan Spasial/Ruang-Visual

Sobat senang menggambar? Atau justru seorang ilustrator? Itu artinya sobat termasuk orang dengan kecerdasan spasial sehingga mampu memvisualisasikan dunia dan memiliki kemampuan seni visual seperti menggambar, melukis, membuat sketsa, mendekorasi, koordinasi warna dan pandai memahami navigasi ruang yang kompleks.

4. Potensi Kecerdasan Kinestetik-Badani

Ada pula sobat yang lebih dominan dalam melakukan gerakan. Nah, orang dengan kecerdasan kinestetik ini memiliki kemampuan fisik yang lebih dominan, seperti atletik, menari atau membuat tarian, mudah belajar dengan gerakan, dan pandai menggunakan bahasa tubuh.

5. Potensi Kecerdasan Musikal

Terakhir, ada pula orang yang dianugerahi kecerdasan musikal sehingga mampu membuat seseorang mengenal ritme lagu dengan mudah, pandai bermain alat musik, belajar dengan mengingat irama atau lirik, biasanya suka mendengarkan dan mengapresiasi musik.

Dari kelima potensi tersebut, manakah satu potensi yang paling dominan dalam hidup sobat? Apabila ada beberapa orang dengan potensi yang baik, malah bisa berkolaborasi, kan?

Mengenali potensi dengan baik akan memudahkan sobat dalam pengembangan selanjutnya.

Cara Mengenmbangkan Potensi Diri

Unlock your potential merupakan satu kalimat yang begitu meninggalkan bekas mendalam bagi saya. Webinar BRT yang digelar pada 27 Juli kemarin via Google Meet. Buka potensinya! Kira-kira apa yang menjadi masalah pada kasus ini?

Mba Putri SB, mentor pada kelas ini, berawal dari menjadi seorang blogger yang kini menjalani profesi sebagai Karier Digital Profesional.
Peluang itu seperti sinar matahari; tersedia bagi semua orang.
Namun, apa yang Anda lakukan dengannya, terserah Anda.
Saat peluang datang dan sobat langsung ingat salah satu usaha yang kurang maksimal, sobat bisa kembali mengambil langkah-langkah penyelamat, misalnya dengan melakukan Live-Elevating Skill.

Apa saja Live-Elevating Skill ala Putri SB?

Pembelajar Cepat


Dunia terus berkembang dengan segala teknologinya. Agar terus berkembang melejitkan potensi kita harus mau terbuka dan menjadi pembelajar cepat dari waktu ke waktu.

Tidak Pernah Menyerah

Gagal sudah biasa dan menjadi sosok kuat karena kegagalan itu tak semua orang bisa. Jangan pernah menyerah menjadi kata ampuh untuk kembali bangkit dan mengingat bahwa tujuan kita masih ada.

Jaringan

Sangat penting di era sekarang untuk terhubung antara satu dengan yang lainya. Banyak hal yang bisa lebih mudah dilakukan dengan adanya koneksi yang baik.

Pengelolaan Diri

Bagaimanapun prosesnya pengelolaan diri sangat penting. Misalnya dengan manajemen waktu yang baik, tetap tenang dalam pengambilan keputusan, dan lainnya.

Ketrampilan Manajemen

Mengatur diri dan segala hal terkait impian adalah penting. Perlahan tetapi pasti lakukan manajemen dalam setiap langkah.

Kemampuan Beradaptasi

Perubahan tak dapat dielakkan. Kita harus mampu beradaptasi dan tumbuh bersama perubahan itu.

Putri SB sukses dengan perjalanan kariernya mulai dari blogger, penulis konten SEO, pemasaran digital, pengembangan web & spesialis SEO hingga pengajar. Semua pencapaiannya tak lepas dari kemauannya untuk berkenan melejitkan potensi dengan segala daya upaya yang ia miliki. Mari kita adopsi semangat beliau! (*)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url