Kerusakan Ginjal, Mengapa Bisa Terjadi?

Ketika jam pergantian dinas, seperti biasa, kami harus mengukur jumlah urin pasien. Hal ini memang harus dilakukan setiap pergantian sif. Namun, jumlah air seni pasien ini bisa dikatakan hampir tidak ada. Jika urin bag diperhatikan dengan saksama, mungkin hanya berada di sekitar 50 cc. Sungguh sangat sedikit sekali.

Setelah melaporkan kondisi pasien kepada dokter jaga, kami diminta memeriksakan RFT sebagai penunjang penegakan diagnosa.

Setelah hasilnya keluar benar saja jika angka-angka yang ditunjukkan di hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan angka banyak merahnya yang menandakan kondisi ginjal pasien tidak dalam kondisi baik-baik saja.

Sewaktu salah seorang keluarganya masuk di jam besuk, salah seorang rekan saya menanyakan tentang kebiasaan pasien. Ternyata salah satunya adalah hobi mengonsumsi minuman beralkohol. Memang sudah berhenti sejak setahun belakangan, tambah sang pemberi informasi.

Awal Mula Kerusakan Ginjal

Minuman beralkohol memiliki dampak negatif yang signifikan pada kesehatan ginjal seseorang. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Dehidrasi

Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi karena salah satu sifat yang dimilikinya dapat meningkatkan produksi urine. Dehidrasi yang berlangsung dalam waktu relatif lama dapat meningkatkan risiko batu ginjal dan mengganggu fungsi ginjal.

Hipertensi

Konsumsi alkohol dalam jumlah besar dapat meningkatkan tekanan darah. Hipertensi merupakan faktor risiko utama terjadinya penyakit ginjal kronis.

Interaksi dengan obat-obatan

Alkohol dapat mempengaruhi cara tubuh dalam memproses obat-obatan tertentu, yang bisa jadi merugikan fungsi ginjal.

Penyakit hati

Salah satu penyakit yang sering kami temukan pada pasien dengan gaya hidup seperti ini adalah penyakit hati (sirosis). Penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi yang juga mempengaruhi kesehatan ginjal.

Gangguan metabolisme

Konsumsi alkohol dalam jangka panjang dapat mengganggu metabolisme tubuh sehingga dapat mempengaruhi kesehatan ginjal.

Penyakit ginjal kronis

Mereka yang hobi minum minuman beralkohol juga memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit ginjal kronis. Penyakit ini merupakan kondisi serius yang dapat mempengaruhi fungsi ginjal secara permanen.

Dalam upaya pencegahan kerusakan ginjal yang disebabkan oleh alkohol, sebaiknya jauhi konsumsi alkohol dan selalu jaga kecukupan hidrasi dengan minum air secara teratur. Jangan khawatir untuk segera berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk informasi lebih lanjut tentang cara menjaga kesehatan ginjal.

Semoga Sahabat bisa mendapatkan hasil maksimal dari segala ikhtiar. (*)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url