Tips Internetan Murah dan Mudah Selama Traveling Menggunakan eSIM

Selama ini untuk urusan dunia online, entah untuk bermedia sosial dan melakukan hobi menulis, saya masih mengandalkan peranan tethering data. Untuk penggunaan di lingkup kecil seperti keluarga atau pekerjaan, cara ini memang masih efektif.

Namun jika saya berada di tempat yang jauh dari orang yang dikenal dan paket data dalam keadaan limit atau bahkan habis, inilah saat berpusing-pusing ria.

Apalagi jika saat-sata terputus dengan dunia online tersebut, ada satu penawaran job datang. Duh, sayangnya, ya. Saya pernah terlewat satu peluang job blogger saat paket data habis dan kondisi nggak memungkinkan buat tethering.

Selain pengalaman pribadi tersebut ada pula pengalaman pribadi teman saya. Kisah ini terjadi saat dia dan temannya traveling ke Korea. Saat itu teman saya menggunakan modem untuk mendukung kelancaran internetan. Teman saya berdua dengan temannya.

Biasanya sih lancar jaya, ya. Siapa sangka ada keharusan mereka berdua terpisah lokasi. Harus ada yang ngalah tapi pekerjaan yang membutuhkan kekuatan internet nggak bisa menunggu, kan?

Syukurlah keduanya dapat solusi. Teman saya memutuskan untuk tetap di hotel menggunakan wifi hotel dan temannya yang pergi membawa modem.

eSIM, Solusi Internetan dalam Keterbatasan


apakah yang dimaksud dengan esim

Berbekal pengalaman nggak banget itu, teman saya dapat informasi kalau sekarang sudah ada yang namanya eSIM. Yuk, kita kenali lebih lanjut apakah si eSIM ini bisa mendukung kebutuhan internetan?

Pengertian eSIM

eSIM merupakan singkatan dari elektronik SIM, alias kartu SIM yang berbasis elektronik. Sesuai dengan namanya, jadi nggak ada bentuk fisik kartu ini. Singkatnya, kita nggak perlu lagi cabut-pasang secara manual kartu fisik SIM karena program atau perangkat eSIM ini sudah tertanam di smartphone kita.

Namun yang harus diperhatikan adalah kita harus mengecek terlebih dahulu tipe handphone kita. Apakah sudah mendukung pengoperasian eSIM atau belum.

Jenis HP Support eSIM

1. IPHONE

Tipe Iphone yang sudah mendukung penggunaan eSIM ini mulai dari seri SE 2020 dan 2022, Iphone XR ke atas seperti XS, iPhone 11, 12 dan ke atas lagi.

2. ANDROID

Xiaomi : series 11, 12, 13 dan ke atasnya.

Samsung : Galaxy Z Flip keatas, seri Galaxy Z Fold keatas, Galaxy S20 keatas, Galaxy Note 20 keatas, dan Samsung Watch 4 ke atas.

Xiaomi : Redmi Note 11 pro ke atas.

Huawei : Huawei P40 ke atas.

Oppo : Find N2, Find X3 Pro, Find X5, Reno 6, Reno 5 A, dan A55s 5G.

Google Pixel : seri Fold dan 3 ke atas.

Kelebihan eSIM

1. Tanpa Kartu Fisik

eSIM berbentuk modul yang sudah ditanam di dalam perangkat seluler dan dapat menyimpan berbagai informasi yang diperlukan.

2. Lebih Aman

Teknologi eSIM memungkinkan provider lebih leluasa meningkatkan sistem keamanan data pengguna, termasuk enkripsi data agar data pengguna tidak bisa dibaca oleh pihak lain serta keamanan data kredensial. Jadi, bagi pengguna e-sim, risiko data pribadi jatuh ke tangan yang salah bisa diminimalisir.

3. Bisa Dual SIM

Salah satu kelebihan lain dari eSIM adalah kemampuannya mendukung fitur dual SIM pada smartphone flagship seperti iPhone. Fitur dual SIM sangat dibutuhkan banyak orang untuk berbagai kebutuhan, termasuk perjalanan ke luar negeri.

Bagi yang suka traveling eSIM bisa jadi solusi. Dari banyaknya provider, JavaMifi ternyata ngeluarin eSIM Traveling yang bias dipakai di luar negeri tanpa kena roaming.

Kelebihan eSIM Traveling by JavaMifi

1. Pengaktifan Praktis

Untuk mengaktifkan eSIM Traveling by JavaMifi kita hanya perlu melakukan scan barcode saja. Selain kemudahan tersebut, eSIM JavaMifi dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan internet para traveler. Ini memudahkan perjalanan tanpa harus mengganti SIM card saat sampai di negara tujuan. eSIM benar-benar menjadi solusi ideal bagi siapa saja yang sering bepergian ke luar negeri.

2. Unlimited Kuota

Salah satu fitur terbaik dari eSIM Traveling by JavaMifi adalah kuota internet yang tidak terbatas, sehingga memastikan kita tetap terhubung tanpa khawatir kehabisan data.

3. Koneksi Luas

eSIM Traveling by JavaMifi bisa digunakan di lebih dari 200 negara, sehingga memberikan kemudahan bagi traveler yang sering berpindah-pindah negara.

4. Customer Service 24 Jam

JavaMifi menyediakan layanan pelanggan 24 jam untuk membantu semua kebutuhan dan pertanyaan kita kapan saja.

5. Gampang Digunakan

Penggunaannya sangat mudah. Hanya dengan memindai QR code, kita langsung bisa terhubung ke jaringan internet.

6. Mudah Pemesanannya

eSIM traveling by JavaMifi bisa dipesan dengan mudah melalui website, official shop di marketplace, agen perjalanan online, booth offline, dan bandara internasional seperti Bandara Soekarno Hatta, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Yogyakarta International Airport.

Jadi, apakah sahabat mulai tertarik menggunakan eSIM sebagai teman perjalanan selanjutnya? Sahabat bisa melakukan pemesanan melalui layanan eSIM Traveling by JavaMifi langsung di situs web resmi mereka.

Berdasarkan paparan kelebihan tersebut, eSIM Traveling by JavaMifi bisa menjadi pilihan selama liburan. Kita nggak perlu khawatir dengan roaming berbiaya sangat mahal.

eSIM Traveling by JavaMifi membuat kamu tetap terhubung ke internet tanpa masalah. Nggak ada drama mencari tethering atau modem lagi, kan? Traveling jadi makin seru. Yakin, deh! (*)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url