5 Cara Merawat Buku agar Tidak Kuning, Biar Nggak Cepat Rusak!

Buku merupakan salah satu sumber ilmu dan harta karun bagi para pecinta literatur. Hanya saja, seiring berjalannya waktu, buku-buku yang sobat simpan atau koleksi akan mengalami kerusakan.

Salah satu kerusakan yang mungkin cukup sering dialami oleh sobat sebagai pecinta buku adalah warna kertas buku yang menguning. Hal ini pulalah yang membuat sobat harus memahami apa bagaimana cara merawat buku agar tidak kuning.

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa terdapat beberapa hal yang membuat kertas buku menguning. Salah satunya adalah faktor usia kertas yang menyebabkan struktur kertas menjadi rapuh dan akhirnya menguning.

Selain itu, perawatan yang kurang tepat pada buku-buku koleksi sobat juga dapat memicu buku cepat kuning dan rusak.

Cara Merawat Buku Agar Tidak Kuning

Cara Merawat Buku

Untuk itu, sobat perlu tahu beberapa cara merawat buku agar tidak kuning berikut ini.

1. Hindarkan dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Hal paling mudah untuk merawat buku adalah mempersiapkan tempat penyimpanan buku yang ideal. Dalam hal ini, pastikan tempat penyimpanan buku tidak terpapar sinar matahari langsung.

2. Simpan Buku di Tempat yang Sejuk dan Kering

Faktor lain yang menyebabkan buku cepat menguning adalah kelembaban udara. Semakin lembab udara dalam ruangan penyimpanan buku, maka semakin besar pula resiko kertas menjadi lembek dan rentan jamur.

3. Gunakan Rak Buku Terbuka

Cara merawat buku agar tidak kuning yang berikutnya yakni menggunakan jenis rak buku terbuka. Masih berkaitan dengan tempat penyimpanan ideal untuk buku, penggunaan rak buku terbuka memungkinkan sirkulasi udara berjalan lebih baik.

Meski demikian, menyimpan buku di rak terbuka memiliki resiko munculnya sarang hewan seperti laba-laba hingga debu. Untuk itu, pastikan tetap rutin membersihkan buku-buku koleksi sobat.

4. Hindari Penggunaan Pena untuk Mencoret-Coret Buku

Bagi sobat yang terbiasa mencoret buku, baik untuk meninggalkan catatan atau iseng, sebaiknya coba mulai dihentikan. Hal karena tinta yang tertinggal pada kertas buku dapat memicu perubahan warna hingga kerusakan kertas secara perlahan.

Metode mencoret buku dengan tinta pena dapat sobat ubah dengan cara meninggalkan catatan tempel maupun bookmark di tempat-tempat yang diperlukan.

5. Perhatikan Kebersihan Tangan Sebelum Membuka dan Membaca Buku

Hal remeh lain yang mungkin kerap sobat lupakan adalah menjaga kebersihan tangan saat membaca buku. Ini mungkin menjadi hal wajar, namun harus segera ditinggalkan, ya!

Pasalnya tangan yang kotor saat membuka kertas buku juga dapat meninggalkan noda-noda yang membuat buku cepat rusak dan menguning. Jadi sebelum membuka buku, pastikan semua noda makanan maupun minuman di tangan sudah dibersihkan.

Itulah beberapa cara merawat buku agar tidak kuning yang dapat sobat lakukan. Dengan mengikuti tips sederhana di atas, buku-buku koleksi sobat pasti awet dan dapat dinikmati hingga bertahun-tahun ke depan. Semoga bermanfaat! (*)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url