4 Cara Merawat Buku agar Tidak Jamuran, Awet dari Generasi ke Generasi

Buku merupakan jendela dunia yang dapat menuntun kita memperoleh banyak pengetahuan. Tentu akan sangat disayangkan apabila koleksi buku sobat cepat rusak sehingga tidak bertahan lama, baik karena jamur atau warna kertas buku yang menguning.

Bagi sobat pecinta buku, tentu penting kiranya mengetahui cara merawat buku agar tidak jamuran. Hal ini karena jamur yang tumbuh pada kertas buku tak hanya merusak tampilannya saja. Namun juga menyebabkan kertas menjadi lebih rapuh dan rusak.

Perlu diketahui, terdapat beberapa faktor yang dapat memicu tumbuhnya jamur pada buku. Faktor-faktor tersebut umumnya dipengaruhi oleh penyimpanan buku yang sembarang.

Salah satu faktor yang memicu jamur pada buku adalah paparan sinar matahari langsung dan kelembaban udara yang tinggi. Dalam arti, selama sobat menyimpan buku, pastikan rak penyimpanan tidak terlalu panas maupun lembab. Selain itu, debu dan kotoran pun dapat memicu munculnya jamur pada buku.

Cara Merawat Buku Agar Tidak Jamuran

agar buku tidak berjamur


Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah cara merawat buku agar tidak jamuran yang harus sobat ketahui.

1. Pilih Lokasi Penyimpanan Buku yang Tepat

Seperti yang kami jelaskan di atas, sobat harus benar-benar mempertimbangkan lokasi penyimpanan buku dengan benar. Hal ini berkaitan dengan upaya meminimalisir resiko tumbuhnya jamur pada buku.

Setidaknya pilih tempat penyimpanan dengan sirkulasi udara yang baik, jangan terlalu panas dan lembab. Adapun suhu ruangan yang cukup ideal untuk menyimpan buku-buku agar awet adalah 20-25 derajat Celcius.

2. Pilih Rak Logam atau Kayu yang Telah Dikeringkan

Saat ini, sobat dapat dengan mudah menjumpai rak-rak buku yang terbuat dari logam, kombinasi kaca, hingga kayu yang telah dikeringkan. Rak buku jenis ini pasalnya dapat menghindarkan resiko buku mengalami jamuran.

Setidaknya sobat harus mulai menghindari penggunaan rak kayu yang lembab.

3. Tata Buku dengan Rapi

Metode perawatan buku untuk menghindari jamuran yang berikutnya adalah menata buku dengan rapi. Jangan menjejalkan buku terlalu rapat di rak. Berikan jarak antar buku agar sirkulasi udara tetap lancar.

Selain itu, sobat juga harus membersihkan rak buku secara rutin, minimal seminggu sekali, untuk menghilangkan debu dan mencegah pertumbuhan jamur.

Bila perlu, lapisi buku dengan sampul plastik (sampul plastik mika) agar terhindar dari debu dan kotoran.

4. Selalu Perhatikan Kebersihan sebelum Membuka Buku

Adapun cara merawat buku agar tidak jamuran yang terakhir yakni dengan melakukan pencegahan. Dalam hal ini, sobat harus membiasakan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang buku. Tangan yang kotor bisa menjadi media penyebaran jamur dan bakteri.

Selain itu, sebisa mungkin jangan membaca buku sambil makan atau minum. Tumpahan makanan dan minuman bisa merusak kertas dan memicu pertumbuhan jamur.

Itulah beberapa cara merawat dan metode pencegahan yang dapat dilakukan untuk meminimalisir resiko tumbuhnya jamur pada buku. Sahabat juga bisa lanjut baca ke 5 Cara Merawat Buku agar Tidak Kuning, Biar Nggak Cepat Rusak!

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas secara konsisten, sobat dapat menjaga agar koleksi buku tetap awet, terhindar dari jamur, dan dapat terus dinikmati dari generasi ke generasi. Semoga bermanfaat! (*)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url