Cegah Diabetes Dengan Penerapan Gaya Hidup Sehat yang Benar

Cegah Diabetes Dengan Penerapan Gaya Hidup Sehat yang Benar - Diabetes merupakan penyakit kritis yang akan dipunyai seumur hidup. Sehingga bagi yang sudah terkena diabetes akan perlu untuk mengonsumsi obat secara rutin setiap harinya. 

Penyakit ini tidak dapat disembuhkan, bisa menyebabkan komplikasi penyakit lainnya apabila tidak menjaga kadar gula di batas yang normal. Sehingga untuk menghindari penyakit ini bisa untuk selalu dengan mengecek kadar gula darah dan memastikan untuk cegah diabetes dengan menerapkan gaya hidup yang sehat.

Gaya Hidup Sehat Cegah Diabetes


gaya-hidup-sehat-cegah-diabetes.webp

1. Berolahraga secara rutin


Hal yang perlu dilakukan untuk bisa membuat Anda menghindari diabetes adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Sisihkan waktu untuk melakukan olahraga secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari atau 2,5 jam per minggunya.

Olahraga yang dilakukan juga bisa dengan melakukan aktivitas yang disukai seperti bersepeda, berenang, angkat beban, senam, dan berbagai kegiatan lainnya.

Dengan olahraga yang disukai tersebut akan membuat Anda lebih semangat untuk berolahraga sehingga bisa menjadikan olahraga sebagai kebiasaan. Karena selain untuk bisa menjaga kadar gula darah tetap normal juga bisa meningkatkan imunitas tubuh serta manfaat lainnya bagi kesehatan.

2. Bijak dalam mengonsumsi makanan dan minuman


Untuk cegah diabetes tentunya bisa untuk membatasi konsumsi gula sehari-hari. Batas normal gula yang dikonsumsi harian yang disarankan yaitu 50 gram saja atau setara dengan 5 hingga 9 sendok teh. Sehingga pastikan untuk membatasi konsumsi gula harian dengan memperhatikan dan memilih makanan dan minuman yang Anda konsumsi dengan baik.

Apabila melebihi batas normal konsumsi harian gula seperti yang ditentukan dan dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, hal tersebut bisa menimbulkan resiko dapat untuk menyebabkan diabetes. 

Oleh karena itulah lebih baik untuk membatasi konsumsi gula sehari-hari dengan memilih makanan yang baik dengan kandungan gula yang sedikit seperti nasi merah, ayam tanpa kulit, ikan, alpukat, kacang-kacangan, buah-buahan, dan juga sayuran.

3. Mengelola stress


Kadar gula juga bisa naik ketika Anda sedang merasa stress, sehingga ketika tidak mampu mengontrol stress dalam jangka panjang juga tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu sebagai gaya hidup sehat yang perlu diterapkan agar bisa mencegah mengalami diabetes adalah dengan berusaha untuk mengelola stress.

Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan hobi yang disukai, lakukan relaksasi agar pikiran tenang seperti meditasi dan juga beribadah, pastikan untuk selalu bercerita masalah pada orang yang Anda percaya, dan juga bisa untuk berolahraga yang juga bisa membuat mood lebih baik.

4. Menghindari kebiasaan buruk yang memicu kadar gula naik


Gaya hidup yang dipunyai untuk bisa membantu mencegah penyakit diabetes juga dengan menghindari kebiasaan buruk bagi kesehatan pada umumnya. Kebiasaan merokok dan minum alkohol membantu untuk membuat kadar gula yang sulit terkontrol. Sehingga hal tersebut kadar gula yang naik sehingga lebih mudah untuk terkena diabetes. Oleh karena itulah ketika masih sehat bisa untuk menghindari kebiasaan mengonsumsi alkohol dan segera berhenti merokok agar membantu untuk membuat kadar gula darah lebih stabil.

Penutup


Cara cegah diabetes tersebut bisa dilakukan sehingga tentunya bisa untuk menjaga kesehatan, karena ada banyak komplikasi yang terjadi ketika sudah mempunyai diabetes. Selain itu ketika mempunyai penyakit kritis ini juga lebih susah untuk membeli asuransi atau setidaknya membuat premi asuransi menjadi lebih besar. Sehingga sebelum terlambat, Anda bisa melindungi diri terlebih dahulu menggunakan produk asuransi kesehatan terbaik dari Allianz yang membuat premi lebih murah dan lebih mudah disetujui karena belum mempunyai kondisi penyakit bawaan seperti diabetes. (*)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url