Kembalikan Kilau Warna Rambut Brunette, Ini Rahasianya!

Kembalikan Kilau Warna Rambut Brunette, Ini Rahasianya! - Apakah sahabat ingin mencoba mewarnai rambut dengan warna cokelat seperti yang dimiliki artis Hollywood? Memang para artis tersebut kelihatan elegan dengan rambut brunette mereka. Hal ini jauh berbeda dengan rambut orang Indonesia yang mayoritas berwarna hitam.

Mengenal Warna Brunette

kilau-rambut-brunette.webp

Pada dasarnya, warna rambut seseorang tergantung tipe melanin dan berapa banyak jumlahnya. Pigmen atau zat warna gelap terdiri dari eumelanin, yang dapat membuat rambut berwarna hitam atau cokelat, dan pheomelanin, yang dapat membuat rambut berwarna merah.

Warna rambut brunette memiliki beberapa variasi juga, seperti:

  • Coklat gelap
  • Coklat terang
  • Coklat yang dimodifikasi dengan teknik pengecatan rambut seperti balayage dan ombre

Nah, jika seseorang memiliki warna rambut brunette atau cokelat, berarti ia memiliki jumlah eumelanin sedang. Sedangkan perpaduan eumelanin dan pheomelanin yang seimbang biasanya menciptakan warna pirang agak kemerah-merahan.

Seiring bertambahnya usia seseorang, semakin berkurang pula jumlah melanin pada rambut, sehingga rambut orang dewasa dan lansia mulai berwarna abu-abu dan putih. Ya, karena kandungan melanin pada rambut memang bisa berubah tergantung usia.

Ingin memiliki rambut brunette, tapi takut rambut jadi rusak. Solusinya bagaimana?

Sahabat, bisa jadi kita ingin memiliki rambut brunette suatu waktu, tetapi timbul kekhawatiran apakah semir rambut yang dilakukan malah bisa merusak rambut atau tidak? Untuk menjawab kegelisahan ini, ada baiknya kita mengetahui ciri rambut sehat itu seperti apa, ya?

Rambut memiliki beberapa komponen yang membuatnya sehat dan berkilau. 

Komponen Rambut

Rambut terdiri dari bagian-bagian berikut:

  • Korteks bagian dalam, fungsinya menyimpan sebagian besar berat rambut
  • Keratin/protein, fungsinya melindungi rambut
  • Lemak rambut, berhubungan dengan kilau dan kekuatan rambut
  • Kutikula rambut

Pada 1 batang rambut saja terdapat cukup banyak komponen, ya,

Semir bisa Rusak Rambut?


Ternyata kandungan yang terdapat dalam semir rambut berpotensi merusak kesehatan rambut, lo!

Pada umumnya semir rambut mengandung amonia, hydrogen peroxide, dan p-phenylenediamine (PPD). Jika kandungan ini masuk ke batang rambut dan diserap oleh rambut, bisa menyebabkan warna rambut berubah.

Proses ini lama kelamaan bisa merusak rambut karena bergantinya struktur kutikula rambut, merusak protein keratin, serta mengurangi kadar lemak pada rambut. Jangan heran jika rambut menjadi lebih mudah patah dan tidak berkilau.

Telanjur Rusak, Bisakah Rambut Sehat Kembali?


Mengembalikan keadaan kondisi rambut yang rusak memang lebih sulit dan lama. Namun sahabat bisa meminimalisasi kerusakan dengan cara berikut, yakni:

  • Menggunakan cat rambut yang mengandung kondisioner
  • Memilih warna rambut yang tidak terlalu berbeda dengan warna rambut asli
  • Menggunakan sampo yang diformulasikan untuk rambut diwarnai
  • Mengaplikasikan kondisioner setiap habis keramas, terutama pada ujung rambut
  • Menggunakan heat protector sebelum mencatok rambut, misalnya vitamin rambut
  • Menggunakan produk yang mengandung keratin seperti sampo keratin, serum keratin, dan kondisioner keratin
  • Mengonsumsi suplemen keratin

Menggunakan produk yang memenuhi kriteria di atas adalah salah satu usaha yang diharapkan bisa membantu mengurangi kerusakan rambut.

Nah, bagi sahabat yang senang atau ingin semakin gaya dengan warna rambut brunette, jangan lupa perhatikan sampo yang dipakai sehari-hari, ya! Sahabat bisa memilih untuk menggunakan produk TREsemmé Color Radiance & Repair For Colored Hair yang diperkaya dengan Color Radiance Booster & Plant Placenta Extract.

Produk ini dapat menutrisi dan mengurangi risiko kerusakan pada rambut yang diwarnai. Sampo ini juga diformulasi khusus, sehingga rambut shade-nya bertahan lama. 

Penutup


Bergaya dengan warna brunette bisa jadi membuat penampilan sahabat kian menawan. Memilih untuk menggunakan produk perawatan rambut yang tidak merusak rambut penting untuk dipertimbangkan agar tidak malah merusak rambut, ya. Dengan pemakaian teratur, rambut berwarna jadi tampak selalu berkilau! (*)


Referensi:
https://www.tresemme.com/id/caranya/trend-warna-rambut-coklat.html
https://www.orami.co.id/magazine/rambut-warna-brunette
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url