Perhatikan 4 Hal ini Sebelum Cari Pegawai untuk Bisnis Anda

Bisnis yang sudah berjalan sekian tahun lamanya dan dilakukan sesuai dengan rencana bisnis yang sudah disusun umumnya akan mengalami perkembangan.

Derasnya perkembangan bisnis bisa terjadi dalam bentuk apa saja, mulai dari perkembangan lokasi, perkembangan pendapatan, maupun perkembangan konsumen.

bisnis dengan reksadana
sumber gambar: https://www.freepik.com/free-photo/business-job-interview-concept_1211574.htm

Bicara mengenai perkembangan dalam bisnis, apabila Anda ingin mewujudkannya, salah satu solusi yang bisa dilakukan ialah memanfaatkan keuntungan yang didapat dari Reksadana. Dengan memanfaatkan imbal hasil tersebut, maka perkembangan bisnis bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Ketika nantinya bisnis sudah berkembang, tentu agar segala sesuatunya dapat berjalan dengan lancar, Anda memerlukan tenaga tambahan. Tenaga tambahan yang dimaksud ini ialah pegawai yang ditugaskan untuk menyelesaikan pekerjaan di bidang yang dibutuhkan.

Namun tidak dilakukan secara sembarangan, sebelum merekrut pegawai, Anda perlu memperhatikan hal-hal penting agar nantinya Anda bisa menemukan pegawai yang tepat sesuai kebutuhan. Penjelasan lebih lanjutnya dapat disimak pada poin di bawah ini.

Tanda-Tanda Bisnis Anda Butuh Pegawai


tanda bisnis butuh pegawai
sumber gambar: https://www.freepik.com/free-photo/confident-asian-businesswoman-sitting-meeting-office-smiling_5698114.htm

Anda yang menjalankan bisnis dari nol dan tanpa karyawan, pasti merasa bingung menentukan kapan waktu yang tepat untuk merekrut pegawai. Biasanya hal ini terjadi ketika bisnis yang dijalankan mulai mengalami perkembangan pesat.

Pada poin ini akan diberikan beberapa hal yang umumnya menjadi pertanda bahwa sebuah bisnis membutuhkan tenaga tambahan dalam bentuk pegawai-pegawai baru.

Beban Pekerjaan Semakin Besar


Hal pertama yang menandakan bahwa bisnis Anda membutuhkan tenaga tambahan ialah ketika beban pekerjaan yang harus dilakukan dari bisnis Anda menjadi semakin besar.

Saat ini terjadi, maka agar bisnis Anda tetap menawarkan kualitas terbaik, Anda bisa mengakalinya dengan mencari pegawai baru untuk membantu menyelesaikan beban-beban pekerjaan yang ada.

Memiliki Rencana Bisnis Matang untuk ke Depannya


Selain ketika beban pekerjaan semakin banyak, Anda juga butuh mencari pegawai tambahan ketika Anda memiliki rencana bisnis yang matang untuk ke depannya.

Dengan rencana bisnis tersebut, artinya Anda siap untuk melakukan pengembangan terhadap bisnis yang Anda rintis.

Agar seimbang dan pengeluaran bisnis tidak langsung membengkak, Anda perlu merekrut pegawai secara bertahap sembari menjalankan rencana bisnis yang baru tersebut.

Keuntungan yang Didapat Melebihi Target


Takaran lain yang bisa meyakinkan Anda untuk merekrut pegawai baru ialah ketika keuntungan yang didapatkan dari bisnis Anda sudah sering melewati target.

Dengan kondisi ini, maka Anda jadi bisa mengukur bahwa keuntungan yang didapat tersebut sudah cukup digunakan untuk menggaji pegawai.

Susah Membagi Waktu


Apabila Anda sudah mulai kewalahan dan susah membagi waktu antara bisnis dan kehidupan pribadi, maka momen tersebut dapat dijadikan sebagai pertanda bahwa bisnis Anda memerlukan pegawai tambahan.

Dengan adanya pegawai baru, maka Anda jadi bisa membiarkan pegawai-pegawai tersebut untuk menyelesaikan pekerjaan yang memang dibebankan kepada mereka.

Adanya Keluhan dari Konsumen


Bisnis yang semakin berkembang dengan tuntutan permintaan konsumen yang semakin besar membuat Anda perlu bekerja ekstra.

Pekerjaan ekstra tanpa waktu istirahat hanya membuat Anda bekerja dengan tidak maksimal yang bisa berujung mendapat keluhan dari konsumen akibat kualitas yang mereka dapatkan menurun.

Agar kondisi tersebut tidak berlanjut, maka solusi yang paling tepat ialah melakukan perekrutan pegawai untuk bisnis Anda tersebut.

Tips Saat Melakukan Pencarian Pegawai Untuk Bisnis


Setelah mengetahui beberapa hal yang menandakan bahwa sebuah bisnis membutuhkan karyawan, pada poin ini akan dijelaskan terkait tips-tips apa saja yang bisa diaplikasikan saat hendak merekrut pegawai.

Apabila Anda memiliki rencana mencari pegawai baru untuk bisnis Anda, tips-tips yang bisa dilakukan antara lain, yaitu:

Menentukan Kriteria yang Dibutuhkan


Tips penting agar Anda bisa menemukan pegawai yang tepat ialah Anda perlu menentukan kriteria seperti apa saja yang dibutuhkan.

Apabila sudah mengetahui macam-macam kriteria yang dibutuhkan, maka Anda hanya perlu memilih pelamar yang memiliki kriteria yang sudah Anda tentukan tersebut.

Menentukan Gaji yang Sesuai


Tips berikutnya saat hendak melakukan pencarian pegawai ialah Anda perlu menyiapkan gaji yang sesuai. Penentuan besaran gaji ini sangat penting, Anda perlu menyesuaikannya dengan beban pekerjaan yang nantinya Akan diberikan kepada pegawai tersebut.

Unggah Loker di Banyak Platform


Mengutip dari laman Liputan 6, tips penting selanjutnya yang perlu dilakukan agar bisa menemukan pegawai yang tepat ialah Anda perlu mengunggah pengumuman loker di beberapa platform, termasuk salah satunya di media sosial.

Dengan melakukan tips ini, maka informasi terkait loker yang sedang Anda buka jadi bisa dilihat oleh lebih banyak orang dan membuat peluang Anda menemukan pegawai yang tepat dengan lebih besar.


Tegas selama Proses Perekrutan


Demi kelancaran bisnis, Anda perlu bersikap tegas dan bisa memilah pelamar mana saja yang memenuhi kriteria yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

Apabila diperlukan, Anda bisa meminta para pelamar untuk melakukan tes sederhana yang bisa membantu Anda menilai kandidat mana yang paling tepat untuk nantinya direkrut menjadi pegawai Anda.

Kembangkan Bisnis Anda dengan Berinvestasi Reksadana


Ada banyak cara dan solusi pendanaan yang bisa dipilih untuk mengembangkan bisnis. Salah satunya, yaitu dengan memanfaatkan keuntungan atau imbal hasil dari investasi yang dilakukan.

Bicara mengenai memanfaatkan keuntungan investasi untuk mengembangkan bisnis, Anda bisa memilih beberapa jenis Reksadana sebagai solusi yang tepat.

Apabila tertarik, Anda bisa mencoba berinvestasi dengan instrumen ini bersama perbankan prioritas DBS Treasures sebagai mitranya. Ketika berinvestasi dengan DBS Treasures, Anda akan mendapatkan keuntungan-keuntungan menarik.

Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan, yaitu investasi yang dilakukan akan langsung dikelola oleh Manajer Investasi profesional yang bermitra dengan DBS Treasures. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir sebab investasi Anda akan dikelola oleh pihak yang berpengalaman.

Dapatkan kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Raih peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML).

Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Apabila Anda tertarik untuk memulai investasi dengan instrumen Reksadana bersama DBS Treasures, Anda bisa mempelajari detailnya dengan klik di sini. (*)
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Admin
    Admin 23 September 2023 pukul 09.10

    Wah benar banget nih, Kak kalau pada saat merekrut karyawan memang harus tegas agar tidak salah pilih

Add Comment
comment url