Prima Saat Berkendara, Yuk, Cek 8 Bagian Ini Saat Servis Motor

“Udah terasa agak berat mesin keretamu ini, Kak!” ucap adik kedua saya disela-sela perjalanan pulang dinas sehabis sif sore.

“Emang kapan terakhir diservis?” lanjutnya.

Saya jeda sejenak berbicara sambil mencoba mencari pecahan ingatan. Saya juga lupa, kapan terakhir servis kereta (sepeda motor) saya lakukan.

Ya, dengan dalih kesibukan saya memang sedikit abai pada si pinky, panggilan saya pada motor matic mungil itu.

Padahal sudah jelas bahwa pengecekan kondisi motor harus dilakukan secara rutin, biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu, untuk menjaga segala onderdilnya agar selalu dalam kondisi prima saat dipakai berkendara.

Bagian yang perlu mendapat pengecekan, antara lain saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya. Kapan terakhir dilakukan pengecekan?

8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Service Motor


Wajib Dicek Saat Servis Motor


Mau tidak mau, saat kita sudah memutuskan memiliki kendaraan, itu artinya kita harus siap dengan konsekuensi. Sekarang kita punya satu tambahan amanah yang wajib dijalankan, misalnya rutin melakukan pengecekan saat servis.

1. Oli Mesin


Bagian ini berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian oli mesin di 2500 km. Jadi, kita harus menaruh perhatian lebih dengan rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai. Untuk biaya, kita harus membayar biaya pembelian oli dan biaya jasa ganti olinya. Harga olinya tergantung merek, ya.

Apakah sahabat merasa bahwa jarak 2500 km terasa sangat singkat? Jangan khawatir karena beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan yang berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 km atau 2x lebih lama dari oli biasa.

Tentu saja langkah tersebut berani dilakukan karena oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Oli ini memiliki base oil tertinggi di kelas oli.

Nah, kalau kita punya motor matic, pastinya juga ingin mendapatkan oli motor matic dengan kualitas terbaik, bukan?

2. Oli Gardan


Nah, saat mengganti oli mesin tempo hari, saya baru ingat kalau montir juga menyarankan untuk mengganti oli gardan. Jelas saja karena mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT).

Mengganti oli gardan bisa dilakukan dengan menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

3. Busi


Bagian selanjutnya yang perlu dicek saat servis motor adalah busi. Busi merupakan bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Motor akan menjadi sulit dinyalakan apabila busi tidak berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu diperlukan penggantian busi jika ingin motor tetap prima.

4. Kampas Rem


Faktor penting yang perlu diperhatikan tentu saja keamanan dan keselamatan berkendara, ya. Sistem pengereman merupakan salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan.

Rem jadi kurang pakem apabila sudah tipis. Hal ini tentu saja bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Oleh sebab itu kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan servis motor.

5. Filter Udara


Bagian ini berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk sehingga dapat menyumbat sistem injeksi dan karburator. Sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara hanya perlu dibersihkan atau harus diganti, biasanya pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu.

6. Aki atau Accu


Tegangan pada aki memiliki ketentuan. idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Jika tegangan aki tidak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mekanik akan melakukan pemeriksaan detail.

Agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan aman dan nyaman, kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti, ya! Jangan ditunda lagi!

7. Ban


Kondisi ban harus diperiksa terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Pada saat servis motor, mekanik akan fokus memeriksa tekanan udara dalam ban hingga kondisi keseluruhan ban, dan sebagainya. Pemeriksaan ban ini penting dilakukan secara berkala.

8. Tune up Motor Rutin


Servis motor tune up merupakan servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen. Terutama komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan ini dilakukan pada tekanan ban, kondisi lampu, karburator, tegangan rantai, rem, dan klakson.

Pada beberapa kondisi tertentu, tune up ini juga perlu dengan tambahan penggantian oli mesin, oli gardan, atar sparepart. Kita nggak perlu khawatir, kok. Semua penjelasan akan diberikan terlebih dahulu. Jika kita setuju, mekanik akan bekerja. Jika kita rasa belum perlu, tentu boleh ditunda. Pertimbangkan baik dan buruknya, ya!

Planet Ban, Bengkel Servis Motor Terbaik


Motor kesayangan tentu harus dirawat selalu, ya, kan. Namun, jika salah memilih tempat perawatan bisa jadi tidak mendapat hasil yang diharapkan. Solusinya, bawa saja motor matic kita ke Planet Ban, salah satu bengkel yang bisa banget jadi andalan. Salah satu keistimewaan di sini, kita memang sedang servis mesin, tetapi hasilnya serasa mesin baru, lo!

Servis Motor Rasa Baru


Jenis servis ini bertujuan meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cepat dan hemat biaya. Mekanik akan memeriksa bagian vital motor yang jarang diservis, misalnya jarang dicek dan disetel secara rutin.

Manfaat Servis Motor di Planet Ban

  1. Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi.
  2. Pilihan ini dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin, sehingga mesin jadi lebih awet.
  3. Pemakaian menjadi lebih nyaman. Mesin lebih tahan lama, dingin, dan tarikan enteng jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli.
  4. Kita tidak perlu sering ke bengkel karena ganti oli dilakukan setiap mencapai jarak tempuh 5000 km saja atau sekitar 4-6 bulan sekali. Biaya servis jadi lebih hemat, bukan?
  5. Karena emisi dan polusi dari motor berkurang kita bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup.

Istimewanya Servis Motor di Planet Ban dibandingkan Tempat lain

Lebih Bersih


Jika kita melakukan servis di tempat lain, biasanya masih ditemukan banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Motor jadi terasa berat karena sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT.

Jika melakukan servis motor secara rutin di Planet Ban, seluruh bagian mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya akan dibersihkan dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran.

Benar saja jika servis motor di Planet Ban terlihat seperti mesin baru. Motor yang baru saja diservis akan membuat mesin bersih total yang dampak lanjutnya menjadikan tarikan mesin lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM.

Biaya lebih terjangkau


Servis yang dilakukan mekanik Planet Ban sudah cukup lengkap, bukan? Kita nggak perlu khawatir karena harga servis motor di Planet Ban sangat terjangkau. Untuk servis motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT serta rantainya Rp19.500,- bahkan servis throttle body cuma Rp20.000,-

Penutup


Nah, Sahabat, sekarang kita sudah lebih tahu manfaat melakukan pengecekan kondisi motor secara rutin dan bagian apa yang perlu diservis, ya, kan? Yuk, coba ingat lagi, kapan terakhir kali datang ke tempat servis? Kalau perlu servis motor jangan lupa ke Planet Ban saja, ya. Biar dapat pelayanan terbaik untuk servis motor rasa baru. (*)
Next Post Previous Post
9 Comments
  • hani
    hani 2 September 2023 pukul 07.11

    Trims artikelnya. Perlu banget nih... Apalah daku yang tahunya cuma naik, isi bensin, dan ganti oli. Kalau mogok bingung, ga tahu masalahnya di mana...hehe...

  • Nanik nara
    Nanik nara 4 September 2023 pukul 09.31

    Saya terakhir servis sepeda motor tuh sebelum puasa tahun ini mbak. Tapi nggak ngerti juga bagian apa saja yang di servis, pokoknya bilang servis total hehehe....
    Wah planet ban ternyata nggak cuma jualan ban saja ya, kini terima servis sepeda motor juga

  • Admin
    Admin 4 September 2023 pukul 10.17

    Benar banget tuh, Kak kita memang harus melakukan pengecekan rutin terlebih lagi jika hendak digunakan bepergian jauh

  • Masruhin Bagus
    Masruhin Bagus 5 September 2023 pukul 10.32

    Jadi ingat motor saya yang harus ganti skok belakang yg bocor. Terima kasih artikelnya. yang paling sering setiap servis adalah ganti oli. kalo telat bisa mogok.

  • Juliastri Sn
    Juliastri Sn 8 September 2023 pukul 14.58

    Emang rasanya beda ya kendaraan yang sering diservis dan tidak. Enteng dan berat. Maka penting banget mencatat kapan terakhir service jangan sampai terlewatkan

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 8 September 2023 pukul 15.02

    Mba Nia makasih pol tipsnya, sering aku terapin nih tapi yang sering bermasalah banku hiks sering bocor

  • Adinda Tami
    Adinda Tami 9 September 2023 pukul 16.22

    Habis baca artikel ini jadi tahu dikit2 lah kalau motor diservis tuh baiknya di bagian mana aja. Saya tuh ga pernah servis motor mba, dah ga pede duluan takut kalau ditanya macem2 sama bengkelnya ✌🤣

  • Muhammad Rifqi Saifudin
    Muhammad Rifqi Saifudin 13 September 2023 pukul 18.26

    Buat yang punya motor sendiri, kayaknya zaman sekarang hampir semua orang ya baik laki-laki maupun perempuan, harus tau nih bagaimana cara merawat motor sendiri, karena ya jangan sampai bensin aja yang diisi eh oli kering, wkwkwk

  • halloannisa
    halloannisa 22 Februari 2024 pukul 14.08

    Planet ban ini solusi banget untuk orang orang yang nggak paham mesin, tapi punya motor, seperti aku. Soalnya rawan banget ditipu oknum bengkel nakal.

Add Comment
comment url