Lebih Tenang Memilih Asuransi Jiwa Syariah bersama Prudential Syariah


Saya masih ingat ketika beberapa tahun yang lalu, saat salah seorang rekan yang baru dikenal menawarkan usahanya. Setelah beberapa saat baru saya ketahui bahwa itu adalah asuransi. Di bawah pohon rindang di halaman kampus ia dengan begitu semangat memberikan edukasi.

Saat saya mengetahui bahwa ujung pembicaraan itu bernama asuransi, saya langsung ogah mendengarkan penjelasan itu lebih lanjut. Mungkin bisa jadi lain ceritanya jika itu adalah asuransi jiwa Syariah.

Bagi umat Islam yang ingin memiliki perlindungan dari asuransi, tetapi juga ingin menghindari riba, asuransi jiwa Syariah adalah solusinya. Syukurlah pada zaman di mana perkembangan teknologi begitu pesat, selain asuransi konvensional, perusahaan asuransi juga menawarkan asuransi jiwa Syariah yang bisa bikin kita lebih tenang saat memilih asuransi jiwa.

Sebagai produk asuransi yang memberikan kenyamanan dan ketenangan, akad dalam produk asuransi ini dititikberatkan pada asas saling tolong-menolong, saling melindungi, dan berbagi risiko antar para peserta.

Sebelum berkenalan lebih lanjut dengan asuransi jiwa syariah, saya akan memberikan beberapa hal tentang perbedaan asuransi konvensional dan asuransi syariah.

Beda Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional

beda-asuransi-syariah-dan-asuransi-konvensional
sumber: https://www.canva.com/photos/MADesYHEoIs/

Agar sahabat lebih mudah membedakan antara asuransi syariah dan asuransi konvensional, berikut perbedaan mendasar keduanya, ya.

1. Konsep Pengelolaan


Pada asuransi Syariah berlaku konsep sharing of risk, yaitu para peserta berpegang teguh pada tolong-menolong. Para peserta mengelola pengumpulan dana dengan membagi risiko kepada perusahaan dan peserta asuransi.

Sedangkan pada asuransi konvensional berlaku konsep transfer of risk, yaitu pemindahan risiko dari peserta sebagai tertanggung ke perusahaan asuransi sebagai penanggung.

2. Akad


Asuransi syariah menggunakan akad hibah dalam menanggung risiko antara peserta berdasarkan syariat islam.

Sedangkan asuransi konvensional menggunakan akad tabaduli (jual-beli) atau kontrak pertanggungan oleh perusahaan asuransi kepada peserta asuransi.

3. Dana


Kepemilikan dana kolektif antar peserta diterapkan pada asuransi Syariah. Jadi, jika ada peserta yang mengalami musibah, peserta lain akan membantu.

Sedangkan pada asuransi konvensional perusahaan asuransi mengelola dan menentukan dana proteksi nasabah berdasarkan premi yang dibayarkan.

4. Pengawasan Dana


Asuransi Syariah diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang bertugas proses transaksi perusahaan agar tetap berpegang pada prinsip syariah.

Sedangkan pada asuransi konvensional tidak terdapat badan pengawas khusus. Namun setiap perusahaan asuransi terdaftar dan resmi harus mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Prudential Syariah, Asuransi Jiwa Syariah Terbaik


Asuransi jiwa syariah dapat memberikan perlindungan menyeluruh untuk diri pribadi maupun keluarga dengan produk asuransi jiwa yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Saat memilih dan memutuskan untuk menggunakan produk asuransi jiwa, tak lupa saya berpatokan pada prinsip syariah yang menyertainya. Jika di awal sudah tidak menemukan hal ini, tak perlu waktu lama untuk segera memutuskan proses perkenalan.

Prudential Syariah Patut Dijadikan Pilihan Asuransi Jiwa yang Mencerahkan

asuransi-jiwa-mencerahkan
sumber: https://www.canva.com/photos/MADCFYBracI/

Asuransi jiwa yang sejak pertama kali didirikan sebagai Unit Usaha Syariah pada tahun 2007, di tahun 2022 telah beroperasi menjadi PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah).

Perusahaan asuransi ini berkomitmen memberikan solusi perlindungan kepada seluruh masyarakat Indonesia dengan mengusung nilai-nilai yang universal dan inklusif, sesuai dengan prinsip 'Syariah untuk Semua'.

1. Terdapat Beragam Pilihan Perlindungan


Kebutuhan tiap orang tentu berbeda-beda. Prudential Syariah menyadari hal tersebut sehingga pilihan perlindungan jiwa yang ditawarkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Terdapat Jangka Waktu Perlindungan


Pengguna produk asuransi juga dapat merencanakan jangka waktu perlindungan.

3. Melindungi Masa Depan Keluarga


Apabila terjadi risiko, kelangsungan hidup keluarga sudah dipersiapkan melalui Prudential Syariah.

Produk Asuransi Jiwa Prudential Syariah


Saat ini terdapat tiga produk asuransi jiwa Prudential Syariah, yaitu:

PRUCinta


Memberikan perlindungan terhadap risiko meninggal dunia, dan meninggal dunia karena kecelakaan

PRUCerah


Mempersiapkan masa depan cerah buah hati hingga perguruan tinggi

PRUSolusi Kondisi Kritis Syariah


Persiapan untuk diri dan keluarga terhadap kondisi kritis tahap akhir.

Selanjutnya, saya akan mengajak sahabat untuk berkenalan lebih jauh dengan Asuransi Jiwa Syariah PRUCinta.

Lebih Dekat dengan Asuransi Jiwa Syariah PRUCinta

asuransi-jiwa-syariah-PRUCinta
sumber: https://www.canva.com/photos/MADx-9MWHZU/

Terdapat empat manfaat Asuransi Jiwa Syariah PRUCinta yang bisa membantu sahabat semakin yakin sebelum memutuskan menggunakan asuransi jiwa syariah.

Manfaat meninggal dunia


100% santunan asuransi atas beban dana tabarru` dan nilai tunai

Manfaat jatuh tempo


Manfaat jatuh tempo dalam bentuk nilai tunai atas beban dana nilai tunai

Masa kepesertaan


Sesuai ketentuan, masa kepesertaan bisa diperpanjang tanpa pemeriksaan kesehatan

Manfaat meninggal dunia karena kecelakaan


400% santunan asuransi atas beban dana tabarru` dan nilai tunai

Penutup


Demikian perkenalan hari ini dengan Asuransi Jiwa Syariah Prudential Syariah. Setelah mengetahui perbedaan asuransi syariah dan asuransi konvensional serta keunggulan yang dimiliki Prudential Syariah, tentu tak butuh lama untuk menentukan produk asuransi jiwa Syariah terbaik. (*)
Next Post Previous Post
3 Comments
  • Yonal Regen
    Yonal Regen 15 Juli 2023 pukul 09.31

    Memilih akad syariah memang sebaiknya dilakukan oleh umat Islam agar sesuai dengan ajaran agama, termasuk dalam memilih asuransi. Bersyukur Prudential memiliki asuransi yang berbasis syariah, sehingga bisa jadi salah satu rekomendasi untuk umat Islam

  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari 15 Juli 2023 pukul 10.38

    DI Prudential sudah ada asuransi syariah ya, jadi lebih tenang nih, tertarik yang PruCerah nih

  • sudut pandang vina
    sudut pandang vina 16 Juli 2023 pukul 12.17

    Sejauh ini aku belum begitu interest dengan asuransi jiwa. Cukup berisiko dan aku pribadi belum terlalu memahami terkait asuransi ini sistem dan istilahnya itu kayak mana wkwkwk kayak misalnya apa itu akad, akad hibah, akad satu lagi yang di asuransi konvensional. Tapi, di sisi lain memang ini penting banget ya kak untuk menjamin kehidupan.

Add Comment
comment url