Ini Gejala FOMO dan Cara Ampuh Enyahkannya!

Halo, Sahabat Khansa. Zaman terkini, di mana arus informasi berputar sangat cepat. Per sekian detik banyak hal baru terjadi di sekitar langsung berkabar. Efek baiknya, tentu banyak. Namun ada juga efek buruk seperti FOMO alias Fear Of Missing Out.

Seseorang yang mengalami FOMO cenderung mengecek ponsel setiap saat. Ia merasa khawatir tertinggal informasi. Ia merasa orang lain akan segera mengunggulinya jika ketinggalan informasi.

Dilansir VeryWellMind, FOMO dapat menginfeksi semua gender dan umur. Seseorang yang mengalami perasaan ini memiliki tingkat kepuasan hidup lebih rendah karena terus-menerus membandingkan hidupnya dengan orang lain.

Kenali Gejala FOMO, Yuk!

cara hindari fomo

Duh, virus bernama FOMO hal ini kayaknya rentan banget terpapar kepada kita, ya. Apakah kita termasuk yang mengalami perasaan FOMO? Mari mengenali gejala yang mungkin muncul.

1. Mengecek Gawai Setiap Saat


Kebiasaan memegang gawai menjadi bagian tak terpisahkan dari diri seseorang. Penderita FOMO akan selalu mengecek ponsel, bahkan tepat ketika bangun tidur dan sebelum tidur. Ia bertindak seakan tidak mau ketinggalan berita apapun.

2. Lebih Eksis di Dunia Maya


Didorong keinginan untuk diakui orang lain di dunia maya, pemilik perasaan FOMO lebih peduli dengan media sosial daripada kehidupan nyata.

3. Selalu Ingin Tahu Kehidupan Orang Lain


Istilah kepo sesuai dengan gejala ini, ya. Penderita FOMO selalu ingin mendapatkan update informasi kehidupan orang lain. Ia rela berjam-jam scroll layar gawai. Berpindah dari satu akun media sosial ke media sosial lainnya untuk mengetahui kabar orang yang sama.

Malah ada pula yang menghidupkan fitur notifikasi pertama, sehingga update pemilik akun akan langsung ia terima. Duh, segitunya, ya!


4. Mengatakan “ya” bahkan Saat Tidak Ingin


Bisa jadi terkadang penderita FOMO ingin menahan diri dari satu hal. Namun ketika satu ajakan datang, ia tidak ingin ketinggalan apapun. Pada akhirnya, ia akan selalu menerima setiap ajakan yang sebenarnya bisa jadi tidak menarik, bahkan tidak perlu.

Apakah sahabat Khansa terdeteksi mengalami gejala-gejala di atas?

Atasi FOMO segera mungkin!


Agar FOMO tidak berlarut, kiranya kita perlu melakukan beberapa usaha maksimal agar benteng diri terbangun.

1. Fokus pada diri sendiri


Sejatinya hidup itu berputar. Kita tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain. Tentu kita meyakini bahwa setiap orang tidak sama dalam menjalani kehidupannya.

2. Batasi penggunaan media sosial dan gawai


Salah satu penyebab FOMO dipicu oleh postingan dan update orang lain di media sosial. Jelas, bahwa dengan membatasi diri dalam penggunaan media sosial dapat berdampak besar terhadap usaha mengurangi FOMO.

3. Cari koneksi nyata


Kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Oleh karena itu, penting untuk menjalin hubungan sosial dengan orang lain. Jangan bangun hubungan hanya di media sosial, tetapi utamakan koneksi nyata.

4. Hargai diri sendiri


Senantiasa bersyukur terhadap banyak hal baik yang dimiliki atau dilakukan dapat mengurangi rasa iri dan rasa kekurangan pada diri. Cobalah fokus pada apa yang sedang dikerjakan saat ini.

Jadi, seharusnya kita tidak menyia-nyiakan hidup dengan tidak pernah merasa cukup. Nikmatilah momen-momen yang sedang dijalani dan berhenti membandingkan hidup kita dengan orang lain karena semua kehidupan berjalan pada jalannya masing-masing.

IDN App, Kontribusi Menghalau FOMO

aplikasi-dan-website-live-streaming

Istilah satu untuk semua memungkinkan setiap orang mendapatkan keinginannya

lebih efektif dan efisien. Misal ini punya satu kepentingan, tetapi ia mendapatkan penawaran lebih, tentu hal ini menimbulkan kesan istimewa.

IDN App merupakan platform konten yang menyediakan konten segar dan dapat dinikmati oleh semua orang lewat fiturnya berupa membaca berita, menonton film, bermain quiz, dan menonton live streaming melalui fitur IDN Live.

Satu aplikasi bisa digunakan untuk banyak aktivitas online, ya. So, kaum Millennials dan Gen Z sebagaimana yang disasar IDN App, tak perlu khawatir tertinggal laju pergerakan arus perputaran informasi.

Dengan perantara IDN App, sahabat dapat membaca berita terbaru dari berbagai macam publisher IDN Media, mulai dari IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, GGWP.ID, hingga Duniaku.

Platform ini juga bisa memberikan hiburan karena selain membaca berita, pengguna bisa menikmati fitur menonton film yang dapat diakses secara gratis dan bermain personality-based quiz dengan topik yang dikurasi.

IDN Live, Jadi Streamer bukan Impian

aplikasi-live-streaming

IDN Live adalah fitur live streaming dari IDN App yang memberikan wadah untuk kreator konten Millennials dan Gen Z dalam memberikan tayangan yang bermanfaat dan berkualitas.

Jangan khawatir jika sahabat hanya menguasai satu topik. Karena di IDN Live, #SemuaBisaLive. Siapapun kamu, apapun topik yang kita kuasai, IDN Live siap menjadi tempat bertemu dengan orang-orang baru.

Dalam fitur ini, seorang streamer dapat diapresiasi oleh para penontonnya melalui virtual gift yang dapat ditukarkan menjadi rupiah.

Virtual gift di IDN Live sangat beragam. Beragamnya virtual gift ini membuat siapapun dapat mengirimkan virtual gift kepada streamer favoritnya sesuai dengan personanya masing-masing.

Mulai dari memberikan Martabak, Tumpeng, Cendrawasih hingga Jet Pribadi, virtual gift adalah bentuk dukungan seorang penonton kepada streamer IDN Live. Lucu, ya!

Referral program di IDN App


Agar kabar baik tentang keberadaan IDN App dan fitur-fiturnya ini bisa dinikmati lebih banyak orang lagi, IDN App juga menyediakan referral program di IDN App, lo. User lama bisa mengundang user baru dengan membagikan kode referral yang bisa ditemukan di “My Account”

 

Kode referral saya adalah gen_4jzp5

Pada periode 08 Mei - 10 Juli 2023 ini dengan mengundang user baru, user lama bisa dapat total hadiah sampai dengan 75K, lo! Lumayan banget buat isi kuota internet sebulanan, kan!

Website IDN App


Jika di aplikasi : Baca Berita & Live Streaming, sahabat dapat menemukan beragam berita terbaru, trending, viral, piala dunia U 20 2023, singapore open 2023 hingga daftar film bioskop

Di IDN App, sahabat akan disuguhkan Website Live Streaming Terbaik by IDN App. Banyak streamer dari berbagai latar belakang menunjukkan kebolehan sebagai streamer!

Website Live Streaming ini juga tersedia dalam versi dark mode. So, sahabat nggak perlu khawatir mata lelah karena keasyikan lihat aksi para streamer, ya!

Penutup


Virus FOMO memang bisa menginfeksi banyak orang. Kita rentan terpapar karena kehidupan di zaman digital mau tidak mau membuat kita terhubung dengan banyak orang. Manuasiwi jika sesekali FOMO datang, tetapi kita harus bijak menyikapi.

Nah, kehadiran IDN App, sebagai platform konten yang menyediakan fasilitas baca berita, aplikasi live streaming dan website live streaming bisa menjadi salah satu alternatif usaha menghindari FOMO.

Dengan bantuan satu aplikasi saja kita sudah terpapar dengan banyak informasi. Jadi, nggak perlu berselancar terlalu jauh di banyak media sosial.

Setelah mengetahui berita terbaru dan berita hari ini, kita pun bisa jadi termotivasi memberikan konten versi kita. Nah, menjadi streamer adalah salah satu solusinya. 

Menjadi streamer tak hanya melatih kita untuk lebih banyak memberikan manfaat karena dedikasi, tetapi juga untung berlipat yang disediakan IDN App.

Saya tunggu cerita sahabat di kolom komentar tentang keseruan pakai IDN App dan buka website IDN App, ya. Aplikasi IDN App bisa sahabat temukan di Play Store dan App Store, kok! Yuk, unduh bareng!


Next Post Previous Post
6 Comments
  • Admin
    Admin 27 Juni 2023 pukul 08.33

    Nah, ini jadi penyakit yang dialami banyak orang sekarang, istilah FOMO sampai tidak asing lagi. Bawaannya memang begitu saat buka media sosial dan lihat postingan orang lain. Mantep ini, terima kasih informasinya!

  • Blogger Surabaya
    Blogger Surabaya 6 Juli 2023 pukul 14.42

    Nah, saya ngecek HP setiap hari kuatir aja kalau ada tawaran job, hehehe. Terkadang saya berpikir juga apakah saya terkena FOMO. Tapi syukurnya tidak sampai tahap yang parah seperti ingin bersaing dengan orang lain

  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari 7 Juli 2023 pukul 14.10

    Memang seru kok IDN App ini, selain emndapatkan berita juga mendapatkan hiburan bahkan juga bisa berbagi hiburan, karena ada fasilitas streaming juga, paket komplit kok

  • hani
    hani 7 Juli 2023 pukul 21.31

    Salah satu gejala FOMO, ikut-ikutan yg lagi viral. Contohnya ada kuliner viral, langsung deh ikutan antri pengen nyicipin. Padahal antrinya duuuh kayak ular naga panjangnya. Padahal ya biasa aja ternyata...haha...

  • Arni
    Arni 7 Juli 2023 pukul 23.18

    Pas baca ciri-cirinya, kok saya merasa agak kesentil ya. Jangan-jangan saya juga masuk kategori FOMO nih. Gawat juga klo bener.

    Buru-buru buka IDN App deh biar bisa teralihkan perhatian ya. Gak melulu sibuk main medsos hehe

  • Blogger Surabaya
    Blogger Surabaya 9 Juli 2023 pukul 11.40

    Bener banget nih, aplikasi IDN App cocok untuk Gen Z karena ada live streamingnya ya mbak. Kalau saya gen Y sepertinya mengakses berita di IDN App sangat perlu

Add Comment
comment url