Begini Tren Ekonomi Syariah di Zaman Kekinian

Assalamu’alaikum, Sahabat Khansa

Beberapa waktu yang lalu saya pernah berbagi pengalaman ketika mengambil kuliah di sebuah universitas negeri, bukan? Tepatnya, pengalaman saat tanpa sengaja bersinggungan dengan produk asuransi. 

Acara promosi yang saya yakin sudah dipersiapkan dengan begitu matang oleh adik kelas tersebut tidak berakhir sesuai harapan.

Mungkin bisa jadi saya tidak ikutan mendaftar sebagai peserta asuransi kala itu bukan karena produk asuransinya yang kurang menarik, tapi edukasi yang belum sampai masuk ke logika diri sehingga dengan dalih belum butuh menolak keras apa yang disampaikan.

Salah satu edukasi yang saya kira layak digunakan sebagai dasar tentang asuransi adalah keberadaan asuransi syariah. Jika sahabat adalah seorang yang tidak mau terlibat asuransi konvensional, asuransi syariah adalah alternatif yang patut dipertimbangkan.

Oleh sebab itu, perlu kiranya untuk mengetahui seluk beluk asuransi syariah. Pengetahuan yang cukup tentang asuransi syariah akan membuat calon pengguna produk merasa lebih tenang, karena ia sudah punya cukup ilmu untuk mengetahui dan menjalani apa yang ingin ia mulai dalam naungan asuransi syariah.

Proyeksi Halal Value Chain

proyeksi-halal-value-chain
sumber: https://www.canva.com/photos/MAEpuoROezk/

Dalam upaya pencapaian visi Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dunia digunakan salah satu strategi, yakni penguatan rantai nilai halal (halal value chain). Value chain merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan suatu perusahaan untuk menghasilkan produk atau jasa.

Proses menghasilkan produk dan jasa dimulai dengan meningkatkan sosialisasi dan edukasi mengenai produksi barang halal dan percepatan sertifikasi halal, serta peningkatan ekspor produk halal.

Dengan adanya potensi yang dimiliki Indonesia serta dukungan usaha dan kolaborasi antara semua pihak yang terkait, diharapkan ekonomi dan keuangan syariah akan mampu membangkitkan ekonomi rakyat dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perekonomian nasional.

Tentu saja bukan sekadar impian jika ada yang tergabung dalam rantai nilai halal (halal value chain) dapat menjadikan visi Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia segera terwujud.

Sahabat pernah mendengar istilah halal value chain? Jika belum, halal value chain (HVC) memiliki sektor prioritas yang terdiri dari sektor pertanian, makanan dan minuman, fesyen, dan pariwisata akan tumbuh sebesar 4,5 persen - 5,3 persen, diikuti dengan pertumbuhan pembiayaan perbankan syariah sebesar 14 persen-16 persen pada tahun 2023.

Sharia Knowledge Centre dari Prudential Syariah

sharia-knowledge-centre-prudential-syariah
sumber: https://www.canva.com/photos/MAEEgmvAtyo/

Di zaman kekinian, keberadaan asuransi syariah semakin menunjukkan perkembangan masif. Orang yang dulu agak anti dengan asuransi, termasuk saya, mulai terlihat ingin membuka diri dengan kehadiran asuransi syariah. 

Namun sayang sekali belum banyak sumber informasi yang ditemukan sehingga bisa jadi jumlah seharusnya orang mendapat edukasi tidak tercapai.

Beruntung, guna menjawab kebutuhan ini Prudential Syariah menghadirkan Sharia Knowledge Centre (SKC) yang diupayakan dapat membantu usaha peningkatan literasi seputar ekonomi syariah di Indonesia, misalnya mengenai regulasi dan fatwa. 

Mungkin sahabat pernah juga menjadi salah seorang diantaranya, bukan? Terombang-ambing dalam sebuah keraguan karena minim ilmu dan belum mendapat dukungan edukasi yang seharusnya mampu menentramkan.

Cita mewujudkan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dunia dapat terwujud jika edukasi ekonomi syariah menjadi tanggung jawab pemerintah, regulator, pakar ekonomi syariah, pemain industri syariah, penggiat ekonomi syariah.

SKC sebagai wadah kolaborasi ini dapat dijadikan sarana untuk mengembangkan inovasi ekonomi syariah di Indonesia.

Temukan Edukasi Ekonomi Syariah melalui Sharia Knowledge Centre (SKC)

edukasi-ekonomi-syariah-sharia-knowledge-centre
sumber: https://www.canva.com/photos/MAFHZvVpcbQ/

E-learning Syariah


Di sini, sahabat bisa menemukan modul, video, dan infografis mengenai ekonomi dan keuangan syariah. Konten yang disediakan tentunya sudah disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Regulasi dan Data


Regulasi dan data sering kali bikin kegelisahan tersendiri. Ini boleh nggak, sih? Ada fatwanya, nggak? Nah, di SKC, sahabat bisa mendapatkan pengetahuan tentang regulasi dan fatwa. Jadi, nggak akan galau lagi karena masalah ini, ya!

Penelitian dan Pengembangan


Jika sahabat ingin melihat proses pengkajian lebih lanjut tentang ekonomi syariah, maka konten terkait hal ini pun tersedia di SKC.

Berita Syariah Terkini


Seiring perkembangan zaman, maka pengetahuan juga akan semakin berkembang. Jangan khawatir ketinggalan, karena konten berita syariah terkini akan terus diperbaharui.

Bincang Syariah


Mengingat tujuan edukasi ekonomi syariah yang diusung oleh SKC, kehadiran wadah ini diharapkan bisa menjadi sarana diskusi dan interaksi sehingga lebih memahami dan meningkatkan pengetahuan terhadap perkembangan ekonomi syariah melalui webinar seputar ekonomi syariah.

Sharia Knowledge Centre (SKC) Prudential Syariah dihadirkan sepenuh cinta agar masyarakat bisa dengan mudah mengakses informasi edukatif terkait ekonomi syariah. 

Dengan pemanfaatan dan kolaborasi yang tepat, semoga tak butuh waktu lama untuk mewujudkan cita Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dunia. (*)
Next Post Previous Post
15 Comments
  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 2 Juli 2023 pukul 21.20

    Salut dan sukses untuk Sharia Knowledge Centre (SKC) Prudential Syariah yang telah dihadirkan dengan sepenuh cinta agar masyarakat bisa dengan mudah mengakses informasi edukatif terkait ekonomi syariah.

  • lendyagasshi
    lendyagasshi 3 Juli 2023 pukul 13.16

    Wah, ada berita gembira ya..
    Karena minimnya informasi ekonomi syariah, kini hadir Sharia Knowledge Centre (SKC) Prudential Syariah yang mencerahkan masyarakat muslim di Indonesia untuk medalami ekonomi syariah.

  • Andina
    Andina 3 Juli 2023 pukul 21.51

    Produk asuransi memang macam2 sekarang. Kini adapula asuransi syariah. Namun kita sebagai customer masih perlu berhati-hati ya. Semoga amanah

  • Auliya Nurrahman
    Auliya Nurrahman 3 Juli 2023 pukul 22.04

    Menarik nih buat siapa aja yang minim ilmu ekonomi syariah kaya aku. Jadi bisa kepo2 lebih lanjut tentang dunia syariah melalui Sharia Knowledge Centre.

  • Mugniar
    Mugniar 3 Juli 2023 pukul 22.25

    Menarik ya ... di Sharia Knowledge Center ada E-learning Syariah ... jadi bisa menimba ilmu banyak-banyak terkait ekonomi syariah.

  • Juwita
    Juwita 5 Juli 2023 pukul 05.39

    Wah referensi keuangan yang bagus juga ya buat kaum muslim. Banyak pengetahuan baru jadinya

  • Rie Ismail
    Rie Ismail 5 Juli 2023 pukul 06.01

    Dari dulu tau kalau prudential ada sistem syariahnya tapi saat itu masih belum tertarik karena belum ngerti, baca tulisan mba Karunia jadi paham dan prudential terus berbenah dan berkembang.. Good job

  • monicarasmona
    monicarasmona 5 Juli 2023 pukul 07.09

    Saya termasuk orang yang menghindari lembaga keuangan konvensional. Dengan adanya lembaga keuangan versi syariah pastinya memberikan ketenangan. Harus lebih banyak baca artikel seperti ini nih biar mata dan pikiran lebih terbuka.

  • nurul rahma
    nurul rahma 5 Juli 2023 pukul 07.24

    asyiikkk bisa banyakkkk ilmu ekonomi syariah yg kita dapatkan nih.
    keren buangettt, ya
    makasiii

  • Dewi Ratih Purnama
    Dewi Ratih Purnama 5 Juli 2023 pukul 08.59

    Terobosan yang bagus sekali dari Prudential, memang susah meyakinkan orang untuk ikut asuransi ya, kebanyakan berkaitan dengan kehalalannya, dengan adanya SKC semoga semakin banyak yang teredukasi tentang asuransi syariah

  • Amicytia Nadzilah
    Amicytia Nadzilah 5 Juli 2023 pukul 09.42

    Sekarang agar bisa mengetahui ekonomi syariah jadi lebih mudah lagi ya. Apa lagi karena ada sharia knowledge center, jadi mudah dapat ilmu baru

  • Antung apriana
    Antung apriana 5 Juli 2023 pukul 11.17

    wah keren nih prudential membuat platform untuk membantu umat muslim terkait ekonomi syariah. pastinya membantu banget nih buat yang memerlukan produk-produk syariah

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 5 Juli 2023 pukul 19.51

    sukses untuk Sharia Knowledge Centre (SKC) Prudential Syariah
    Semoga semakin bisa mengedukasi masyarakat tentang emonomi syariah

  • KenniApril
    KenniApril 10 Juli 2023 pukul 13.08

    Semoga sukses Sharia knowledge centre Prudential syariah... Berita gembira bagi kita semua. Semoga semakin banyak masyarakat yang nmelek ilmu terkait ekonomi syariah

  • Fera Marentika
    Fera Marentika 1 Agustus 2023 pukul 01.12

    Bagus juga ya ada wadah untuk sharing edukasi ekonomi & keuangan syariah.. Sukses selalu SKC Prudentian Syariah!

Add Comment
comment url