Tips dan Cara Pesan Tiket Kereta Api Lebih Mudah

Ketika akan bepergian ke suatu tempat naik kereta api, kamu harus melakukan pemesanan tiket terlebih dahulu. Pada pembahasan kali ini ada penjelasan beberapa tips pesan tiket kereta api agar lebih mudah dan mendapat promo menarik.

Tips Pesan Tiket Kereta Api Lebih Mudah dan Murah


Cara Pesan Tiket Kereta Api di Traveloka
sumber: https://www.canva.com/photos/MADCMqy4lC8-train/

Pada umumnya, mendapatkan harga tiket kereta api yang lebih murah sangat jarang terjadi dan dijual ke masyarakat. Berbeda halnya dengan tiket pesawat yang lebih sering ditemukan dengan harga yang murah.

Apalagi ketika menjelang hari raya besar, biasanya banyak tiket kereta api dijual dengan harga yang tinggi. Nah, di bawah ini terdapat tips untuk memesan tiket kereta api dengan harga yang lebih terjangkau dan cara yang mudah.

Pesan Tiket Jauh­-jauh Hari


Sama seperti saat kamu memesan tiket pesawat, untuk mendapatkan harga yang murah di tiket kereta api, kamu harus memesan dari jauh-­jauh hari sebelum hari H keberangkatan. Untuk saat ini, PT KAI sudah membuka penjualan tiket kereta api dengan keberangkatan maksimal hingga 4 bulan kemudian.

Sebagai contoh, jika kamu akan berlibur ke Jogja pada bulan November, maka kamu sudah bisa pesan tiket kereta ke Jogja pada bulan Juli. Semakin jauh jarak pemesanan tiket dengan waktu keberangkatan, maka harga yang diperoleh pun bisa semakin murah.

Membeli Tiket Secara Online


Tips selanjutnya untuk mendapatkan harga murah saat memesan tiket kereta api ialah dengan membelinya secara online. Kamu dapat melakukan pembelian tiket secara online melalui situs resmi KAI, atau melalui platform seperti Traveloka.

Jika kamu membeli tiket secara online, tentu kamu akan lebih mudah dalam melakukan pemesanan dan pembayaran. Selain itu, kamu pun bisa berkesempatan mendapat voucher atau promo potongan harga lainnya jika memesan tiket kereta api secara online.

Beli Tiket Promo di Minimarket


Selanjutnya, kamu bisa membeli tiket promo di minimarket seperti Indomaret atau Alfamart. Cara untuk mendapatkan tiket promo kereta api ini cukup mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi minimarket terdekat dan meminta kasir untuk mengecek ketersediaan tiket promo kereta api.

Carilah tiket dengan subclass X untuk Eksekutif, Y untuk kelas Bisnis, dan Z untuk Ekonomi. Lalu, pilih tiket yang sesuai dengan kelas yang diinginkan. Apabila kamu mendapatkan kode tiket subclass tadi, maka artinya kamu sudah berhasil membeli tiket promo kereta api melalui minimarket.

Manfaatkan Voucher dan Promo


Terakhir, yaitu memanfaatkan voucher dan promo. Sama seperti sebelumnya, sebelum memesan tiket, sebaiknya periksa di kolom promo atau voucher terlebih dahulu untuk menemukan promo menarik seperti potongan harga. Cara yang satu ini umumnya hanya dapat dilakukan untuk pemesanan tiket secara online.

Jika menemukan voucher atau promo, silakan klaim voucher tersebut. Lalu, kamu bisa langsung menerapkannya di kolom pemesanan ketika akan melakukan pemesanan tiket kereta api. Namun, pastikan kamu memperhatikan syarat dan ketentuan voucher agar bisa digunakan.

Cara Pesan Tiket Kereta Api di Traveloka


Untuk kamu yang akan memesan tiket kereta api, sebaiknya langsung telusuri laman resmi Traveloka, atau mengunduh aplikasi Traveloka dari handphone kamu. Traveloka adalah platform yang digunakan untuk memesan berbagai tiket akomodasi dan perjalanan, baik untuk liburan maupun keperluan lainnya.

Berbagai transportasi, penginapan, atau tempat wisata bisa kamu lakukan pemesanan tiket dengan mudah di Traveloka. Kamu bisa pesan tiket hotel, tiket pesawat, hiburan, atau tiket kereta api dengan mudah, cepat, dan pastinya lebih praktis. Nah, di bawah ini terdapat beberapa langkah untuk membeli tiket kereta api di Traveloka. Namun, sebelum itu pastikan kamu sudah mengunduh dan mendaftar akun Traveloka terlebih dahulu, ya.

  • Pertama, pilih menu Tiket Kereta Api terlebih dahulu.
  • Setelah itu, lakukan pengisian data seperti rute, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang. Lalu, klik Cari Tiket.
  • Kamu akan melihat nama kereta, kelas, dan jam keberangkatan. Lalu, pilihlah kereta yang diinginkan.
  • Selanjutnya, isi detail yang diperlukan seperti Data Pemesan, dan juga Data Penumpang.
  • Berikutnya, kamu bisa memilih kursi dengan cara mengklik Pilih Kursi. Pilihlah letak kursi yang diinginkan, lalu klik Lanjut ke Pembayaran.
  • Lalu, lakukan pembayaran tiket. Kamu bisa memilih berbagai metode pembayaran yang tersedia, pilih saja yang paling mudah menurutmu.
  • Terakhir, tunggu sampai tiket elektronik kamu masuk ke email yang telah didaftarkan untuk mendaftar akun Traveloka.

Cara-­cara di atas tentunya sangat mudah dilakukan, kamu bisa memesan tiket kereta api kapan saja dan dimana saja cukup dengan menggunakan aplikasi Traveloka. Menggunakan Traveloka juga tentu akan lebih mempermudah kamu untuk memperoleh tiket kereta api dengan harga yang murah dan terjangkau.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url